Ragam  

KPU Konawe Hapus 92 DPT Ganda dan 93 Meninggal Dunia

KALOSARA NEWS : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe menghapus sejumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak memenuhi syarat (TMS). Dari jumlah 165.720 Daftar Pemilih Tetap Konawe. KPU menghapus sedikitnya  185 pemilih dengan rincian 92 DPT ganda serta 93 pemilih meninggal dunia.

Divisi Data dan SDM KPU Konawe, Andang Masnur menuturkan,  penghapusan DPT tersebut berdasarkan hasil pencermatan oleh KPU, Bawaslu Konawe dan masing-masing saksi dari Parpol peserta pemilu.

“Sebelum menindaklanjuti SE KPU RI 1033, kami bersama Bawaslu dan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2019 melakukan pencermatan terhadap DPT yang tetapkan bulan Agustus kemarin,“ ungkap mantan kepala sekolah SD Negeri di Konawe ini.

Ketgam : Kolase foto Divisi Data dan SDM KPU Konawe, Andang Masnur/foto : Ist

Dijelaskannya, dari hasil pencermatan, mereka dapatkan ada beberapa nama pemilih yang ganda. Selanjutnya mereka perintahkan PPK dan PPS bersama Panwascam untuk melakukan verfikasi faktual mengecek kebenaran dari data tersebut.

“Dari hasil verifikasi langsung dilapangan oleh penyelenggara tingkat kecamatan maupun desa di temukan 92 nama yang harus dihapus karena ganda dan 93 pemilih yang meninggal dunia,“ pungkasnya saat di konfirmasi Jumat, (14/09/2018).

Andang menuturkan,   sebelumnya mereka melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam melakukan pencermatan bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe pada hari Senin 10 september. Sedangkan penghapusan data bersama dilakukan pada hari Rabu 12 September. Untuk Pleno rekapitulasi DPT hasil perbaikan pada tanggal 13 September.

“Dengan adanya penghapusan 185 pemilih dari DPT Konawe. Secara otomatis 165.720  DPT yang sebelumnya telah berkurang menjadi 165.535 pemilih,” kata  eks Ketua MPM Universitas Lakidende (UNILAKI) itu. (A)

error: Hak Cipta dalam Undang-undang