,

KPU Konut Februari ini, Rekrut 1540 KPPS

Ketgam : Divisi SDM dan Parmas KPU Konut Zuljuliska Praja
Ketgam : Divisi SDM dan Parmas KPU Konut Zuljuliska Praja

KALOSARA NEWS : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan masa pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilu pada 28 Februari hingga 27 Maret 2019 mendatang.

Dari 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Konut. KPU akan merekrut sebanyak 1540 calon KPPS.

Divisi SDM dan Parmas KPU Konut Zuljuliska Praja menuturkan, perihal Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan di mulai pada 28 Februari – 27 Maret 2019 mendatang.

Perekrutaan itu, kata Yudis (Sapaannya) tetap berpedoman pada Undang-undang no 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dalam pasal 352 ayat 2 huruf C serta Peraturan KPU no 3 Tahun 2018 sebagaimana diubah dalam peraturan KPU nomor 36 tahun 2018 tentang Pembentukan dan Tata Kerja PPK, PPS dan KPPS dan Peraturan KPU Nomor 32 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

“KPU Konut akan segera membentuk KPPS itu juga sesuai dengan Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor Nomor 241/PP.05-SD/01/KPU/II/2019 perihal Pembentukan KPPS, ” terang. Senin, 18/2/2019).

Zuljuliska berharap, calon KPPS ini yang akan mendaftar memiliki integritas, kepribadian yang kuat, jujur, dan adil.

“Kemudian tidak sedang menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan sah atau paling kurang dalam jangka waktu lima tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan melalui surat keterangan dari pengurus parpol bersangkutan. Lainnya adalah mereka berdomisili di wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS,” papar Zuljuliska.

Ia menambahkan, para pendaftar KPPS tak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang ancaman hukuman pidana lima tahun penjara atau lebih.

BACA JUGA :   Gubernur Sulsel Support kebutuhan Kampus Politeknik Makassar

“Yang bersangkutan juga tak pernah diberi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU. Dia juga secara resmi menyatakan belum pernah menjabat sebanyak dua periode, baik itu sebagai anggota PPK, PPS, maupun KPPS di periode pemilihan sebelumnya,” tutup Zuljuliska.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co