KSK Bangga Tombi Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara

KONAWE – Tombi atau bendera Kerajaan Konawe akan kembali berkibar di istana negara. Tombi bersama sejumlah bendera kerajaan nusantara lainnya, bakal mengiringi bendera pusaka Republik Indonesia saat upacara 17 Agustus 2022 mendatang.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) mengatakan, dirinya sudah mendapatkan kabar kalau Tombi Kerajaan Konawe kembali diminta pihak TNI beberapa waktu lalu. Kata dia, Tombi Kerajaan Konawe akan kembali mengiringi pengibaran bendera pusaka Republik Indonesia.

Bupati Konawe dua periode itu mengungkapkan, ini adalah kali kesekian Tombi Kerjaan Konawe diundang ke Jakarta. KSK pun sangat mengapresiasi langkah Presiden Jokowi, karena hanya di eranya daerah berkesempatan unjuk kebudayaan di istana negara pada hari besar Republik Indonesia.

Menurut KSK, kebijakan presiden adalah pemantik motivasi bagi tiap daerah, khususnya Konawe untuk bangga akan sejarah dan kebudayaannya. Hal itu juga sekaligus pesan terhadap generasi saat ini untuk selalu mencintai sejarah dan kebudayaan tiap suku bangsa.

“Kerajaan Konawe di masa lalu adalah kerajaan besar dan bermartabat. Pengibaran tombi Konawe bersama bendera pusaka merah putih adalah pesan yang jelas terhadap kita agar banggalah dengan daerah kita dan banggalah kepada Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Lurah Meluhu, Ajemain Suruambo membenarkan perihal Tombi Kerajaan Konawe yang ikut memeriahkan perayaan hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022. Menurutnya, ini adalah kali keempat sejak pemerintahan presiden Jokowi.

“Ini sudah tahun keempat Tombi Kerajaan Konawe berpartisipasi. Dua tahun belakangan kita dan bendera nusantara lainnya tidak ikut karena terkendala Covid-19,” jelasnya.

Pria yang juga dikenal sebagai budayawan di Konawe ini mengungkapkan, Tombi Kerajaan Konawe dijemput pihak Kodim Kendari, Kamis (11/8/2022) di Kelurahan Meluhu, Kecamatan Meluhu, Kabuapten Konawe. Saat ini tombi Konawe tengah melakukan gladi di Monas Jakarta bersama bendera-bendera kerajaan nusantara lainnya.

“Nanti Tombi Kerajaan Konawe bersama bendera kerajaan lainnya akan melakukan pawai, mengiringi bendera pusaka mulai dari Monas sampai ke istana negara untuk saat upacara 17 Agustus nanti,” tarangnya.

error: Hak Cipta dalam Undang-undang