Kwarda Sultra Lantik Organisasi Gerakan Pramuka Koltim


KOLTIM – Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kolaka Timur (Koltim) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) dilantik. Acara pelantikan dilaksanakan di Aula Pemda Koltim oleh ketua Kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sultra Irawan Laliasa, Jumat 14/01/2022.

Dalam pelantikan, Sulwan Aboenawas didapuk sebagai ketua Majelis pembimbing cabang (Mabicab) gerakan pramuka kolaka timur. Kepengurusan organisasi pramuka Koltim merupakan hasil musyawarah cabang yang demokratis sehingga kepengurusan tersebut terbentuk untuk massa bakti 2019-2024.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Sultra, Irawan Laliasa menyampaikan, gerakan pramuka merupakan mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dalam membangun dan membina watak, mental serta karakter generasi muda, untuk itu pemerintah daerah dan organisasi pramuka harus berjalan beriringan terlebih di sahkan nya UU nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

“Pramuka salah satu organisasi kemasyarakatan yang dihadapkan berperan mewujudkan generasi yang lebih baik, bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara serta mampu meningkatkan motivasi dan materi dalam peningkatan mutu keterampilan, terutama yang ada di gugus depan sebagai ujung tombak pembinaan pramuka,” kata Irawan.

Di kesempatan yang sama, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Koltim, Sulwan Aboenawas menyampaikan, hakikat dasar pendidikan kepramukaan adalah meningkatkan Penghayatan dan Pengamalan nilai-nilai kepramukaan yakni Satya dan darma Pramuka kepada seluruh peserta didik sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pemimpin bangsa yang tangguh pada masa depan.

“Dalam rangka mempersiapkan kaum muda yang seperti inilah organisasi Pramuka perlu dikelola secara profesional oleh orang-orang yang berkompeten terlebih lagi pada kurikulum pendidikan tahun 2013 Pendidikan kepramukaan menjadi ekstrakurikuler wajib yang diajarkan di sekolah-sekolah. Hal ini merupakan suatu penghormatan sekaligus tantangan bagi organisasi Pramuka untuk membuktikan bahwa organisasi Pramuka mampu membentuk karakter dan budi pekerti bagi kaum muda Indonesia,” kata Sulwan.

BACA JUGA :   Polres Kolut Terima Penghargaan Treasury Award 2018

Dengan dilantiknya pengurus baru gerakan Pramuka Kolaka Timur, Sulwan mengajak untuk meningkatkan peran serta gerakan Pramuka dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat lebih meningkatkan motivasi dan Bakti bagi perkembangan gerakan Pramuka serta masa depan kaum muda yang lebih baik pada masa depan khususnya di daerah Kolaka Timur.

“Sebagai wujud nyata selaku Mabicab, saya memberikan bantuan pinjam pakai kantor untuk digunakan oleh pengurus gerakan Pramuka Kolaka Timur serta menetapkan logo dan batik sorume sebagai simbol dan identitas kwarcab Kolaka Timur. Saya berharap pengurus cabang masa bakti 2019-2024 nantinya akan dapat meningkatkan prestasi kepramukaan yang lebih baik, baik tingkat daerah, nasional hingga internasional,” harap Sulwan Aboenawas.(Red/Utha)