KWT Asal Konawe Nimba Ilmu Di Sulbar

foto – Pembukaan Pelatihan dan bimbingan teknis aneka olahan komoditas unggulan ini di selenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4s) Cahaya Duta Palili yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Konawe. Di Desa Bunga Bunga, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) /Kalosara News/Randa

KALOSARA NEWS.COM – Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka meningkatkan hasil produksi pangan masyarakat konawe mengajak Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk menimba ilmu di Desa Bunga Bunga, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar).

Pelatihan dan bimbingan teknis aneka olahan komoditas unggulan ini di selenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4s) Cahaya Duta Palili yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Konawe. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 4 (empat) hari sejak Tanggal (29/03/2017) hingga (01/04/2017).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe Muh. Akbar Menuturkan, tujuan ia membawa KWT melakukan pelatihan agar wanita-wanita yang menggeluti produksi kue ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dalam membuat kue. Ia katakan, diketuhi bahwa tempat mereka menimba ilmu ini merupakan tempat pelatihan yang telah mengekspor hasil produksi kue ke jepang dan beberapa negara lainnya,¬† “kegiatan pelatihan KWT ini adalah magang sekaligus belajar membuat kue berbahan dasar jagung dan sagu,” ungkapnya

Adanya pelatihan ibu-ibu ini diharapkan bisa mengekspor kue-kue olahan mereka keluar negeri juga membuat inovasi baru karena ia ketahui saat ini yang terkenal di konawe adalah Penjual Jagung Rebus (PJR). Ia harapkan setelah mengikuti pelatihan ini ibu-ibu dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang pengelolaan jagung dan sagu yang berpadu dalam satu rasa.

“kami sangat harapkan adanya pelatihan ini pengelolaan jagung,sagu dan lainnya dapat dipadukan menjadi satu rasa, bukan hanya itu, setelah para KWT ini pulang mereka dapat membuat kripik jagung,dodol jagung dan kue yang akan menjadi ciri khas Kabupaten Konawe, dan buatan kue mereka akan dipamerkan pada Halo Sultra nantinya, ” harapnya Muh. Akbar mantan Kabag Protokoler Pemda Konawe ini.

Untuk diketuhui, pembukaan pelatihan dan bimbingan teknis aneka olahan komoditas unggulan dibuka secara resmi oleh Anggota DPRD Sulawesi Barat DRS.H Muhtar Belo serta dihadiri oleh Kepala Bidang Industri Polman Ir.Rahman, Pembina dan Ketua P4s, DRS H. Akmal Hidaya, Ridha Mahtar serta rombongan KWT dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe.

Reporter : Randa
Editor : Redaksi 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang