Laksanakan Intruksi Presiden, Pemkab Konawe Lantik 294 Pejabat Fungsional

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan saat menyampaikan Sambutan, Rabu (12/1/2022) di pondopo kantor Bupati Konawe.
Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan saat menyampaikan Sambutan, Rabu (12/1/2022) di pondopo kantor Bupati Konawe.

KONAWE –  Pemerintah Daerah Konawe kembali melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah penyetaraan jabatan fungsional lingkup Kabupaten Konawe sebanyak 294 pejabat fungsional. Rabu 12 Januari 2022 di pendopo Kantor Bupati Konawe.

Dalam sambutannya Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melalui Sekretaris Daerah. Ferdinand Sapan mengatakan penyetaraan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional telah disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya sebagai presiden kedua kali di hadapan DPR/MPR 20 Oktober 2019.

“Presiden menyampaikan bahwa perlu ada penyederhanaan eselonisasi birokrasi di lingkup pemerintah. Eselonisasi cukup dengan dua level yaitu eselon 1 dan eselon 2, dan sisanya diganti dengan jabatan fungsional yang lebih mengedepankan keahlian dan kompetensi,” ujarnya.

Ia menjelaskan perampingan birokrasi yang dimaksud, untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah, serta profesional dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik.

Dikatakannya dalam perampingan birokrasi ini, dikecualikan bagi yang memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan kewenangan/otoritas, legalisasi, pengesahan, persetujuan dokumen, kewenangan kewilayahan, kewenangan penanggung jawab anggaran atau barang.

“eselon IV ini yang paling banyak terdampak dari penyederhanaan birokrasi ini. Sebab, akan menjadi ujung tombak keahlian pada tingkat oprasional yang bertujuan mempercepat proses pelaksanaan tugas terutama yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat,” katanya

“Sisanya, eselon IV ini bersifat manajerial umum yakni menangani ketatausahaan mengingat tugasnya yang sangat heterogen,” tambahnya.

Dengan komposisi baru ini, Pemkab Konawe ingin para ASN perlu memperkuat keahlian pada aspek-aspek yang menjadi tugas utama masing-masing agar pencapaian kinerja lebih ditingkatkan dengan penyetaraan jabatan berbasis keahlian.(Red/Ghoin)

BACA JUGA :   Nekat Bom Perahu Polisi, Dua Warga Buteng Dibekuk