Layanan Kesehatan yang Dibalut Nilai Komersil

OPINI : Dalam kehidupan, kesehatan merupakan hal penting yang wajib dijaga oleh setiap individu. Dengan menjalani pola hidup yang sehat akan membuat aktivitas berjalan dengan lancar. Khususnya, sebagian besar masyarakat yang menjadi tenaga kerja dituntut untuk menjaga kondisi tubuh mereka untuk keefektifan saat bekerja.

Di Indonesia sendiri telah menyelenggarakan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dalam bentuk lembaga BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) berdasarkan UU No 24 tahun 2011 dengan dua layananya yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Mewajibkan setiap pekerja harus mempunyai kartu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari  segala resiko selama bekerja.

BPJS Ketenagakerjaan: Cara Cepat Meraup Uang Rakyat

Untuk BPJS Ketenagakerjaan mulai aktif beroperasi sejak 1 Juli 2015, sama halnya dengan mekanisme asuransi kesehatan. BPJS ketenagakerjaan memberlakukan iuran yang harus dibayar oleh pekerja dan pemberi pekerja setiap bulan dalam memperoleh layanan kesehatan menurut standar BPJS.

Besar iuran adalah 5,7% menggunakan  perhitungan perusahaan menanggung sebesar 3,7% dengan memotong gaji pekerja dan untuk 2% ditanggung oleh pekerja sendiri (Cermati.com 25/05/2016) dan untuk pekerja bukan penerima upah (PBPU) besaran iuran yang harus dibayar Rp. 16.800 per bulan per jiwa (Republika.com 18/09/2010)

Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan semakin menambah beban para pekerja ditengah tuntutan kebutuhan ekonomi yang semakin tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Jaminan kesehatan seharusnya merupakan hak setiap individu, sudah menjadi tugas negara untuk menjamin sepenuhnya hak tersebut dengan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma tanpa memungut biaya sepeserpun terhadap rakyat.

BACA JUGA :   Kasus Uighur , Negara Lemah Tak Berdaya

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co