Libatkan Stake Holder, Pemkab Konawe Musyawarah Menuju Satu Data


Untuk mewujudkan Kabupaten Konawe menuju satu data dengan mensincronkan antara data pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten.  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Data dalam rangka menuju Konawe Satu Data, Rabu (17/1/2021).

 

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Pepres) 39 tahun 2019 tentang Indonesia Satu Data.

 

Musrenbang di buka oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara dan dihadiri oleh Ketua DPRD Konawe H. Ardin, kepala kejaksaan negeri (Kajari) Konawe Irwanuddin Tadjuddin, Waka Polres Kompol Jajang Kiswara, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Kepala BPS Provinsi Sultra, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat dan Lurah/Kades.

 

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gusli Topan Sabara mengatakan Kabupaten Konawe merupakan kabupaten tertua di Sultra maka seharusnya mampu memposisikan diri sebagai yang terdepan dalam berbagai aspek.

 

“Kita harus memastikan bahwa Konawe mampu menjadi katalisator bagi daerah-daerah lainnya dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan,” katanya Gusli Topan Sabara di salah satu hotel di Unaaha

 

Dikatakannya bahwa dari sisi pencapaian makro ekonomi Kabupaten Konawe menjadi yang terbaik  di Wilayah Regional Sulawesi Tenggara. Hal ini lanjut Gusli Topan Sabara merupakan prestasi yang membanggakan dan patut di syukuri.

 

Menurut dia rata-rata pertumbuhan ekonomi cukup jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tenggara. Ini membuktikan bahwa  Konawe menjadi daerah yang menyumbang kesejahteraan bagi Provinsi Sulawesi Tenggara. “Prestasi ini akan terus kita dorong dengan langkah konkrit yang nyata dan benar-benar terukur,” katanya.

Gusli menuturkan kaitan dengan pertemuan ini lanjutnya, untuk memastikan skenario pembangunan ke depan berjalan sesuai dengan kita harapkan. Maka kita memerlukan instrumen data dan informasi yang dapat kita yakini kebenarannya. Sehingga dalam melakukan analisis perencanaan pembangunan daerah dapat dilakukan dengan tepat dan akurat.

BACA JUGA :   Jelang Pilkada, Disdukcapil Konawe Siapkan Delapan Ribu Blanko KTP-El

 

“Saya sangat menyadari bahwa tata kelola pemerintahan tidak cukup hanya pada aspek pengelolaan keuangan daerah. Namun, yang jauh lebih penting dari hal tersebut adalah kita harus memastikan bahwa sejak proses perencanaan hingga tiba pada pelaksanaan anggaran berjalan sesuainorma dan regulasi yang berlaku,” tuturnya.

 

Diakhir sambutannya, ia berharap kolaborasi antar sektor dapat terus ditingkatkan intensitas dan kualitasnya sehingga mampu memproduksi data yang benar- benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kepada seluruh stakeholder pemerintah baik OPD, pemerintah kecamatan hingga desa dan kelurahan agar berpartisipasi aktif dalam progres Konawe satu data ini.

 

“Akhirnya saya mengajak kita semua untuk meluruskan niat kita bahwa persembahan yang kita lakukan ini semata-mata dalam rangka pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Marilah kita memohon Kehadirat Allah agar selalu membimbing cita-cita luhur masyarakat Konawe menuju Konawe Gemilang dan Sultra Gemilang,” pungkasnya.

Pada giat ini, Pemda Konawe menghadirkan Dr. Sudirman Zaid, Dosen Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai pemateri.


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co