Makam Sulemandara ‘Kalenggo ‘ Butuh Perhatian Pemerintah

( Foto : Randa - Makam Kalenggo, yang berada di kelurahan puunaha ini )

KONAWE – KALOSARA NEWS.COM – Tiap tahun makam raja Lakidende mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah (pemda) konawe, selain itu pemeliharaan wilayah makam ini juga begitu terjaga sehingga kawasan makam ini tertata dengan rapinya. Namun di balik itu ada salah satu makam yang sampai saat ini usianya telah mencapi 200 tahun namun tidak sekalipun mendapat perhatian.

Makam Kalenggo, yang berada di kelurahan puunaha ini, terbilang sangat memperihatinkan karena pemerintah daerah sama sekali tidak melirik akan adanya makam tersebut. Karena tidak adanya perhatian wargapun dengan leluasa membangun rumah di kawasan makam sampai-sampai di sekitaran makampun di jadikan sebagai tempat pembuangan sampah rumahan.

Ajmain Suruambo yang merupakan tokoh adat melakukan pemugaran makam Kalenggo. Pemugaran yang dilakukan ini untuk memperbaiki situs budaya kerajaan konawe dengan anggaran bantuan yang beraumber dari berbagai pihak.

BACA JUGA :   IMM Sultra Desak Pemerintah Hentikan Kekerasan Terhadap Muslim Uyghur

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co