Manajemen Penanganan Bencana Dalam Sistem Islam

OPINI : Secara geografis, letak kepulauan Indonesia berada pada pertemuan empat lempeng tektonik, yakni lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.  Pada bagian selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera-Jawa-Nusa Tenggara dan Sulawesi. 

Kondisi ini mengakibatkan Indonesia memiliki potensi yang tinggi terhadap bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor.

Terletak dalam jalur “ring of fire”, Indonesia memiliki jumlah gunung berapi paling banyak di dunia (130 gunung berapi dan 17 diantaranya masih aktif) atau 10 persen dari jumlah keseluruhan dunia. Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik merupakan daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik.  Lingkaran api ini terdiri atas 452 gunung berapi.

Daerah gempa adalah Sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatera, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.  Indonesia terletak antara cincin api dan Sabuk Alpide, yang membentang dari Nusa Tenggara, Bali, Jawa, Sumatera, terus ke Himalaya, Mediterania dan berujung di Samudera Atlantik(wordpress.com/19/4/2012).

Atas fakta tersebut sudah seharusnya jika pemerintah pusat dan daerah lebih menyiapkan diri terhadap kejadian gempa dan tsunami.  Yang terjadi hari ini, bencana datang, khususnya gempa dan tsunami, keuangan daerah dan negara terkuras begitu pula kondisi fisik daerah luluh lantah serta jumlah korban jiwa yang fantastis.  Disisi lain 21 buoy tsunami hilang dicuri dan rusak karena minimnya anggaran pemeliharaan.  Kompas.Com (2/10/2018) memberitakan Indonesia tidak memiliki Deep-Ocean Tsunami Detection Buoy sejak 2012, padahal semula memiliki 21 buoy yang dihibahkan Jerman, Amerika Serikat dan Malaysia.  “Sejak 2012 nggak ada yang beroperasi padahal di butuhkan untuk peringatan dini, Tidak adanya biaya pemeliharaan dan operasional menyebabkan buoy tidak lagi berfungi serta ada juga yang hilang dicuri,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co