Ragam  

Mei 2018, DPMD Akan Helat Lomba Antar Bumdes Se Koltim

KABUPATEN KOLAKA TIMUR – SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kolaka Timur pada mei 2018 mendatang akan menghelat lomba antar Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang melibatkan seluru desa di Kabupaten Kolaka Timur.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Kolaka Timur Kusram Maroli menyebutkan pada bulan mei 2018 mendatang. Pihaknya akan menyelenggarakan lomba Bumdes. Bahkan anggarannya pun telah disiapkan  sebesar Rp200 juta yang bersumber dari APBD Koltim.  

“Pada bulan Mei 2018, Saya akan mengadakan lomba Bumdes dan itu anggaranya sudah di siapkan melalui APBD kurang lebih Rp200 juta.”Ungkap Kusram Maroli belum lama ini di sela- sela kegiatan bursa inovasi desa di aula kantor DPRD Koltim.

Ketgam : Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Kolaka Timur Kusram Maroli/Foto : Irwandar Kalosara News

Terkait dengan Bursa Inovasi Desa, Kusram Maroli menjelaskan,  bursa inovasi desa di mulai dengan bursa inovasi Kabupaten hal itu senada dengan adanya rencana lomba bumdes yang akan dilakukannya.

Para kepala desa itu mengadopsi semua program-program inovasi desa yang tidak ada di desanya, inilah yang terjadi di bursa inovasi Kabupaten.

“Dengan bursa kabupaten dengan sendirinya akan terbentuk TPID kecamatan, mereka yang akan melanjutkan proses inovasi, melihat potensi SDM dan SDA yang mana yang tepat di kembangkan di desanya masing masing,” terangnya.

Kata Kusram Maroli, kemudian pembiayaanya selama proses inovasi sudah di siapkan dana BOK-nya dari Kementerian Desa, untuk sosialisasinya, begitupun juga tim inovasi kabupaten yang selalu turun tiap bulan melakukan pembinaan dan monitiring di desa.

“Terkait produk unggulan desa, nanti itu akan di danai dari Dana Desa (DD) melalui APBDEsa, nanti produk desa akan dibeli oleh Bumdes, setelah itu bumdes nantinya akan diberikan dana penyertaan bumdes dari kementerian desa sebesar 50 juta per bumdes, itu pun bumdes yang bagus pengelolanya.”Kata Kusram

 

Reporter : Irwandar

Editor      : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang