,

Membekali Generasi Masa Kini

Siti Maisaroh, S. Pd.

Oleh: Siti Maisaroh, S. Pd. (Aktifis Muslimah)


 

Dari hasil sensus penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui jumlah penduduk Indonesia hingga 2020 didominasi generasi Z dan generasi milenial. Hal ini diharapkan akan membawa manfaat yakni meningkatkan perekonomian negara, membentuk generasi emas, meringankan beban hidup. Namun, sudahkah harapan tersebut diiringi dengan satu rangkaian proses yang sejalan?

Sebelumnya, tahukah Anda apa itu generasi Z?  Generasi Z adalah orang-orang yang lahir di generasi internet atau dengan kata lain generasi yang sudah menikmati keajaiban teknologi usai kelahiran internet. Bagaimana dengan generasi Z di Indonesia? Internet hadir di Indonesia pada 1990. Baru pada 1994, Indonet hadir sebagai Penyelenggara Jasa Internet komersial perdana di negeri ini. Jadi, mari kita anggap generasi Z Indonesia adalah mereka yang lahir pada pertengahan 1990-an sampai 2000-an.

Kedekatan generasi ini dengan teknologi sekaligus membuktikan masa depan sektor tersebut akan semakin cerah di tangan mereka. Dari segi ekonomi, menurut survei Nielsen, Generasi Z sudah memengaruhi perputaran ekonomi dunia sebagai 62 persen konsumen pembeli produk elektronik. Ini dipengaruhi oleh kehidupan mereka yang sudah serba terkoneksi dengan internet. Tirto.id, 28/4/2017.

BACA JUGA :   Ketua DPRD Konawe Laksanakan Reses Perdana di Wonggeduku

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co