Menakar Urgensi Dana Alokasi Khusus Fisik di Tengah Pandemi

Sartinah
Sartinah

Oleh : SartinahmRelawan Media, Member Amk


 

Pandemi Covid-19 belum menujukkan tanda-tanda-tanda akan berakhir. Dampaknya pun nyaris terjadi di semua sektor, termasuk pendidikan. Semua aktivitas belajar mengajar akhirnya berubah drastis. Sekolah yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini mesti dilakukan secara virtual.

 

Di tengah pandemi yang belum melandai, sektor pendidikan di Kota Kendari kebagian Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dari pemerintah pusat senilai Rp32 miliar pada tahun 2020 ini. Hal ini pun telah disosialisasikan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari kepada 63 kepala sekolah TK, SD, SMP yang berada di Kota Kendari, terkait alokasi dana pada Kamis (23/7/2020) di salah satu hotel di Kendari. (zonasultra.com, 23/7/2020)

 

Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan sejumlah item di antaranya, rehap bangunan kelas baru, rehab toilet guru dan siswa, rehab ruang guru, pembangunan gedung UKS dan ruang inklusi. Hal ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita.

 

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang juga berkesempatan hadir berpesan kepada para kepala sekolah yang hadir untuk mengarahkan gurunya agar lebih aktif dan kreatif menjadi tenaga pendidik penggerak apalagi dalam situasi pandemi corona. Menurutnya, corona menjadi langkah tepat untuk menentukan metodologi pembelajaran.

BACA JUGA :   DPRD Konawe Gelar Paripurna Penyerahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co