Mengenal Sosok Mendiang Bupati Koltim H. Samsul Bahri Majid

Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Kabar duka menyelimuti Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) di mana sang Bupati Samsul Bahri yang baru di lantik pada Jumat (26/2/2021) itu meninggal dunia pada, Jumat (19/3/2021) sekira pukul 19.45 WITA, seusai bermain bola di lapangan Kecamatan Tirawuta.

 

Kabar meninggalnya bupati hasil pilkada 2020 itupun langsung tersebar ke masyarakat Sultra. Sontak ungkapan duka cita dan turut belasungkawa atas wafatnya Bupati membuat masyarakat Koltim sedih. untuk mengenang sosok pemimpin merakyat itu masyarakat koltim menaikan bendera setengah tiang.

Dan Jumat, (26/03/2021) merupakan hari ke 7 berpulangnya Alm. Samsul Bahri. Untuk mengenang sosok mendiang Bupati berikut rekam jejak mendiang bupati koltim, di mulai dari pendidikan formal, jabatan ASN dan keterlibatan di berbagai Organisasi dan lembaga sebelum berhasil menjadi Bupati Kolaka Timur (Koltim) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 lalu.

 

Samsul Bahri lahir pada 10 Januari 1968. Riwayat pendidikan Alm. menempuh pendidikan dasar di SDN 2 Kolaka, MTs Negeri Kolaka dan berlanjut ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baubau (Sekarang Kolaka).

 

Tamat dari tingkat atas, Alm. Mengambil pendidikan Strata satu (S1) di Universitas Sultan Hasanuddin (Unhas) Makassar, dan Strata dua (S2) di Universitas Haluoleo Kendari.

Alm. Samsul Bahri Ketika mengikuti musrembang kecamatan Poli-polia

Riwayat selama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), Alm. pernah menjabat di sejumlah jabatan strategis. Antaranya Camat Tirawuta (2003-2006), Camat Kolaka (2006-2007) lalu 2009 menjabat menjadi kepala bagian (Kabag) Hubungan masyarakat (Humas) di pemerintah daerah kolaka dan di lantik menjadi Kabag Organisasi di pemerintahan kabupaten yang sama.

 

Sosok karier mendiang di pemerintahan kolaka terbilang moncer, saat di percayakan menjabat sebagai Asisten II Bidang Ekonomi lalu staf ahli pemerintahan tahun 2013. Setahun kemudian atau 2014 Alm. Samsul Bahri di percayakan menjabat Asisten III Bidang Administrasi Umum.

BACA JUGA :   Usai Mencoblos di TPS 02 Desa Matabondu, Tony Herbiansyah Optimis Menang Pilkada Koltim

 

Karir ASN Samsul Bahri tidak hanya di Kabupaten Kolaka. Di Kabupaten Kolaka Timur (Pemekaran Kabupaten Kolaka) Mendiang pernah di percayakan menjabat sebagai Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) lalu menjabat staf Ahli Bupati di Kolaka Timur (Koltim) di pemerintahan Tony Herbiansyah – Andi Merya Nur dan tahun 2020 maju sebagai calon kepala daerah periode 2021-2026 berpasangan dengan Andi Merya Nur.

 

Keorganisasian dan lembaga adat, Alm. Samsul Bahri Pernah menjadi ketua Lembaga Adat dan Budaya Tolaki Mekongga di Kolaka tahun (1992-1997) lalu terpilih menjadi ketua KNPI Kolaka dua periode (1998-2003) setelah itu menjadi ketua Dewan Pimpinan Cabang Keluarga Besar Putra Putri Polri (DPC KBPPP) Kolaka dua periode (2011-2020) dimana Ayah Alm. merupakan purnawirawan polri dan salah satu tokoh adat Tolaki Mekongga di Kolaka.

Alm. Samsul Bahri Ketika mengikuti musrembang kecamatan Poli-polia
Alm. Samsul Bahri Ketika mengikuti musrembang kecamatan Poli-polia

 

Dia juga aktif di Korps Ikatan Alumni HMI di Kolaka sebagai ketua dan Sekretaris Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kolaka (2001-2006) demikian riwayat singkat Almarhum Samsul Bahri.

 

Sehari sebelum meninggal Alm. Samsul Bahri – bersama wakil bupati Andi Merya Nur, mengikuti sejumlah agenda pemda Koltim antaranya menghadiri musrembang Kecamatan Loea dan pengukuhan DPC Gerindra Koltim.

 

Usai kegiatan Partai Gerindra, Bupati bersama Kepala OPD lingkup pemda Koltim menjamu kesebelasan Gerindra FC di lapangan kecamatan Tirawuta. Saat peluit pertama di hentikan Bupati sempat istirahat sejenak dan saat masuk di babak kedua bupati pingsan dan dilarikan ke puskesmas Tirawuta lalu di rujuk ke BLUD Konawe namun nyawa Bupati tidak tertolong akibat cardiac arrest (serangan jantung).

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co