Menyongsong Pilkada Konawe Utara Tahun 2020

Ketgam : Asman
Ketgam : Asman

Oleh  : Asman Budiman (Ketua Umum Cabang IMM Kota Kendari)


Dalam kesempatan ini, selaku seorang anak yang tetesan darahnya saat dihadirkan di muka bumi ini oleh ibu saya, tumpah di tanah Bumi Oheo. Tentunya memiliki banyak harapan dan keinginan untuk daerah kita tercinta. Dan saya garansikan pula dalam tulisan ini saya dalam posisi netral tampa memihak kepada siapapun. Sekadar menuangkan ide dan gagasan sebagai putra yang di lahirkan di Konawe Utara serta melihat realita perjalanan daerah yang masih umur belasan tahun ini.

Hari demi hari berlalu, tak terasa pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di seluruh Indonesia akan segera bergulir di bulan Desember akan datang, seakan menyuluk semangat masyarakat yang menanti kontestasi politik lima tahun sekali ini, setelah mengalami penundaan akibat adanya virus corona. Secara umum di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), beberapa daerah akan melaksanakan pilkada serentak termasuk daerah yang sangat kita cintai ini Konawe Utara (Konut). Tentunya banyak harapan dan keinginan yang kemudian di harapkan seluruh masyarakat Konawe Utara untuk kemajuan daerah kita bersama. Dimomen pilkada kali ini merupakan momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat, karena kita semua akan menentukan arah dan kemajuan daerah ini dengan memilih pemimpin yang pro dengan kepentingan masyarakat.

Akhir-akhir ini saya selalu berdiskusi serta berkunjung kepada keluarga, orang tua saya, teman, dan sebagainya pastinya yang menjadi topik perbincangan adalah persoalan pilkada Konawe Utara menarik dan seksi bagaikan seorang cewek cantik yang mampu meruntuhkan iman yang hanya secuil saja.  Masyarakat banyak yang mempertanyakan calon-calon yang kemudian akan tampil sebagai pembawa aspirasi seluruh masyarakat Konawe Utara. Sampai saat ini ada beberapa nama calon yang selalu familiar baik di telinga saya maupun diseluruh masyarakat Konawe Utara. Dari pemain lama sampai pendatang baru, dan bahkan baru ingin coba-coba akan menghiasai perpolitikan di daerah tercinta ini. Tentunya siapa yang mampu mengambil hati masyarakat maka sudah pasti ialah pemenangnya. Masyarakat Konawe Utara di momen kali ini, harus benar-benar memikirkan pemimpin yang di anggap cakap dan mampu mengelolah daerah yang memiliki sumber daya yang begitu luar biasa. Seperti yang tertuang di lagu mars Konasara yang setiap kegiatan resmi pemerintah Konawe Utara di nyayikan yang memperkenalkan sumber daya Konawe Utara seperti Perkebunan, kelautan, pariwisata serta pertambangan semua itu merupakan potensi yang luar biasa yang oleh Allah karuniakan untuk daerah kita tercinta ini. Belum lagi sumber-sumber yang lainnya. Semua itu jika di kelolah dengan baik serta dedikasi yang luar biasa maka kesejahteraan masyarakat Konawe Utara akan terwujud.

Beberapa bulan kedepan kita semua sebagai masyarakat, yang menjadi penentu keberlangsungan daerah ini, yang harus benar-benar memikirkan untuk kepentingan semua masyarakat Konawe Utara. Karena jika gelombang rakyat yang melakukan perubahan, maka siapapun ia pasti akan jatuh pula. Sederhana saja jika seorang pemimpin dalam berucap kemudian tidak menepati ucapannya maka jangan pilih pemimpin seperti itu, karena ia akan hanya banyak menghabiskan aset-aset daerah untuk kepentingan pribadi dan kelompok. Banyak kemudian yang masih harus di benahi di daerah tercinta ini, mulai dari infrastruktur, pembangunan sumber daya manusianya, penciptaan lapangan kerja serta pemanfaatan secara tepat dari sumber daya alam kita yang kaya raya itu. Tugas kita sebagai masyarakat yang memiliki kedaulatan tertinggi di negara ini untuk sama-sama memikirkan pemimpin kedepan yang tepat untuk daerah ini. Dalam konteks keagamaan, khusunya seorang Muslim Nabi Muhammad sudah memberikan suri tauladan seorang pemimpin yang memiliki kriteria yaitu memiliki sifat Sidiq (Jujur), Amanah (Terpercaya), Tablig (Komunikatif), Fathona (Cerdas). Seorang pemimpin harus mempunyai sifat yang di maksud agar dalam menjalankan amanah tidak banyak hal-hal yang dilakukan yang merugikan masyarakat.

Pilkada kali ini, masyarakat Konawe Utara harus benar-benar memikirkan matang-matang siapa yang akan mewakili kita di lembaga eksekutif tersebut, mau pemain lama selama ia masih benar-benar memikirkan kepentingan rakyat kenapa tidak, begitupun sebaliknya jika pemain baru itu mampu meyakinkan masyarakat serta tidak banyak mengunbar janji-janji politik yang nantinya realitas yang terjadi tidak signifikan mengapa tidak. Yang pada dasarnya adalah seperti kata Ali Syariati seorang intelektual Muslim mengatakan “suatu Negara akan tetap bertahan walaupun di dalamnya ada kekufuran, namun suatu negara tidak akan bertahan jika di dalamnya terdapat ketidakadilan”. Sederhanya adalah siapa yang benar-benar tulus dan ikhlas berjuang untuk rakyatnya tanpa banyak mengubar janji saat kampanye maka itulah yang harus di jadikan sebagai pemimpin. Kita sebagai masyarakat harus mampu melihat masa depan daerah kita yang kaya raya ini. Kesejahteraan masyarakatnya perlu dipikirkan, pendidikan, lapangan kerja serta masih bnayka lagi yang harus dilakukan untuk merubah wajah Konawe Utara lima tahun kedepan.

Kita juga perlu menjadi pemilih yang cerdas, melihat visi dan misi para calon kedepannya yang pro dengan rakyat, dan pada intinya siapapun dia yang terpilih maka janji-janji politik tersebut harus direalisasikan kepada masyarakat. Karena kasian kami sebagai masyarakat biasa yang sudah menitipkan amanah tersebut tapi tidak dipikirkan masa depannya. Masyarakat Konawe Utara harus mampu melihat pemimpin yang akan dipilih, harus benar-benar orang yang memiliki dedikasi yang tinggi untuk kepentingan rakyatnya. Suara kita jangan mau di ukur dengan finansial (Uang), tapi benar-benar hati nurani yang berbicara. Momen ini adalah momen di mana masyarakat akan di puja-puja karena hak suaranya sangat di buthkan, tapi setelah itu tidak di pandang lagi (realitas yang terjadi).

Mari bersama-sama kita menyongsong masa depan Konawe Utara, momen pilkada kali ini merupakan momen tepat untuk kembali memikirkan Konawe Utara agar menjadi daerah yang maju dan sejahtera serta berbudaya saing, masih banyak yang perlu di selesaikan di daerah ini, masih banyak hal yang menjadi prioritas pemerintah untuk melakukan perubahan agar Konawe Utara benar-benar maju dan sejahtera masyarakatnya. Semoga siapapun yang menjadi pemimpin kita kedepan berarti itulah pilihan terbaik dari masyarakat Konawe Utara.


error: Hak Cipta dalam Undang-undang