Momen Harganas Ke-28, Bupati Koltim Tekan Angka Stunting di Koltim


KALOSARA NEWS : Bupati Koltim Andi Merya Nur, pimpin peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tingkat Kabupaten Koltim 2021. Hadir dalam kegiatan Ketua TP PKK Hj Diana Samsul Bahri dan sejumlah pimpinan OPD dan masyarakat, Kamis 24/06/21.

Bupati Andi Merya saat membuka kegiatan itu mengingatkan agar di masa pandemi covid-19, di harapkan masyarakat koltim untuk terus mematuhi protokol kesehatan, hal itu adanya peningkatan jumlah positif covid di wilayah Sultra.

Di katakan Merya, permasalahan covid telah menjadi masalah global maka dari itu, peran keluarga sangat di butuhkan untuk menghindari agar tidak tertular virus Corona tersebut.

Selain covid-19, Bupati Koltim juga mengingatkan peran keluarga akan pencegahan stunting pada anak. Kata Dia, peran serta tanggung jawab keluarga dalam memenuhi kebutuhan anak dalam pencegahan stunting berada pada kualitas hidup keluarga.

“Dalam pencegahan stunting, keluarga berperan dalam menurunkan beban masalah gizi, menyediakan makanan bergizi seimbang dan berkualitas, hingga memastikan diterapkannya pola asuh berkualitas dalam sebuah keluarga,” kata Andi Merya.

Diakatakannya, masalah stunting penting untuk diselesaikan. Hal itu sudah menjadi isu nasional, karena berpotensi mengganggu potensi sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan, kecerdasan, pertumbuhan bahkan kematian anak.

Hasil dan survey status gizi balita Indonesia (SSGBI) menunjukkan adanya penurunan angka stunting, namun angka tersebut masih dinilai tinggi, mengingat WHO menargetkan angka stunting tidak boleh lebih dari 20 persen.

Sementara hasil berdasarkan data Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) angka stunting di Koltim tahun 2019 berada di angka 22,3 persen dan menurun di tahun 2020 menjadi 17,5 persen.
Usai memimpin kegiatan tersebut, bupati langsung meninjau berbagai kegiatan di peringatan Harganas ke-28 tersebut.

BACA JUGA :   Limbah Tanjung Tiram, Butuh Penanganan Serius

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co