Non Muslim Berkerudung Sukarela, Kok Intoleransi?

Zulhilda Nurwulan

Oleh : Zulhilda Nurwulan, S. Pd (Relawan Opini Kendari)


“Untukmu agamamu, dan untukkulah agamaku” (QS. Al-Kafirun : 06)

Ayat diatas adalah perintah dari Allah untuk tetap menghargai kaum lain untuk menjalankan ajarannya masing-masing tanpa mengganggu ajaran yang lain. Inilah makna toleransi sesungguhnya.

Berkerudung bagi kaum non muslim bukan berarti mereka menganut ajaran islam, pun bagi kaum muslimah yang tidak berkerudung bukan berarti mereka telah keluar dari islam. Sejatinya, berkerudung adalah kewajiban bagi setiap muslimah yang telah baligh. Seorang muslimah yang telah baligh namun melalaikan kewajiban berkerudung kelak akan mendapat siksaan atas tindakannya tersebut karena kerudung adalah ajaran islam. Beragama adalah fitrah sehingga tidak boleh ada paksaan.

Kerudung adalah jati diri kaum muslimah. Tidak hanya itu, kerudung menjaga wanita dari pelecehan pun membawa ketenangan bagi yang memakainya. Walhasil, wajar jika ada wanita non muslim yang sukarela mematuhi aturan untuk memakai kerudung di wilayah tertentu seperti sekolah. Sejatinya, islam adalah agama yang tidak hanya membawa ketenangan bagi umatnya namun mampu menjaga seluruh umat manusia. Akan tetapi, masih saja ada pihak yang mempermasalahkan wanita non muslim memakai kerudung dan menyebutnya sebagai intoleran.

Sebagaimana dilansir dari Detik.com, 23/01/2021, peristiwa yang terjadi di salah satu SMK di Padang yang menuai pro-kontra terkait aturan sekolah yang mengharuskan berkerudung bagi siswa perempuan. Orang tua dari salah seorang siswa non muslim yang enggan berkerudung akhirnya mengunggah video adu argumen dengan pihak sekolah terkait aturan sekolah tersebut. Karena perkara ini, Kepala SMK Negeri 2 Padang, Rusmadi turut memberi komentar jika aturan tersebut bukanlah sebuah paksaan melainkan bentuk sukarela dari para siswi. Bahkan, menurut Rusmadi ada 46 siswa non muslim yang memakai kerudung selama aktivitas sekolah dan merasa nyaman dengannya.

BACA JUGA :   Propaganda Liberalis dan Urgensi Berhijab Dini

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co