Organisasi Tolaki “ Rimbutako Ana Wonua “ Sucikan Pusaka Kerajaan Konawe Jelang 1 MUHARAM

KONAWEKalosaraNews.com – Organisasi Kebudayaan Tolaki “RIMBUTAKO ANA WONUA”  Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menggelar ritual pensucian benda-benda pusaka peninggalan Kerajaan Konawe.

Ritual pensucian benda pusaka peninggalan Kerajaan Konawe tersebut merupakan peninggalan di masa pemerintahan Raja bernama Lakidende, maupun benda-benda Raja setelah masa pemerintahan Lakidende. selain itu juga perangkat rumah tangga milik leluhur Suku Tolaki ikut dimandikan.

Benda-benda yang telah berumur ratusan tahun tersebut merupakan koleksi pribadi dari anggota organisasi yang juga terkoordinir langsung oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT).

Prosesi dilaksanakan di salah satu Kampung adat di Kabupaten Konawe, tepatnya Kelurahan Meluhu, dipimpin langsung oleh Ketua Adat dalam masyarakat Suku Tolaki dikenal dengan istilah Pu’u Tobu.

Ketua Pemangku Adat Pu’u tobu Meluhu, Ajemain Suruambo mengatakan, ritual ini di laksanakan setiap malam menjelang 1 Muharam, sebagai wujud penghormatan kepada arwah para leluhur.

“Pensucian benda-benda pusaka ini dilakukan, setiap malam 1 Muharam peringatan tahun baru Islam, tujuannya untuk mensakralkan kembali benda benda pusaka yang sudah ratusan tahun,” Jelas Ajemain.

BACA JUGA :   Polres Konawe Amankan Dua Orang Siswa SD 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co