Pajak Meroket, Warga Pun Kaget

Fitri Suryani
Fitri Suryani

Oleh: Fitri Suryani, S. Pd

(Guru Asal Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara)


Pajak yang diberlakukan di negeri ini merupakan hal biasa. Tetapi, menjadi luar biasa, jika pajak yang dikenakan kepada warga mengalami kenaikan yang sangat tajam. Terlebih di tengah makin beratnya beban hidup yang mesti ditanggung oleh masyarakat, apalagi bagi kelas ekonomi menengah ke bawah.

Sebagaimana pajak bumi dan bangunan (PBB) kota Palembang naik siginifikan. Seperti yang dikeluhkan warga jalan Dwikora II kecamatan Ilir Barat 1 kota Palembang. Warga terkejut bukan kepalang, saat mengetahui tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB) di tahun 2019 mengalami kenaikan yang fantastis. Seperti yang dirasa Asmir, salah satu warga Dwikora II. Dia merasa sangat heran dengan kenaikan PBB yang harus dibayarnya. Dari semula hanya sebesar Rp.500 ribu kini naik menjadi Rp.2 juta (Tribunnews.com, 13/05/2019).

Kenaikan PBB yang dikeluhkan masyarakat di kota ini diduga akibat target perolehan PBB tahun 2019 terlalu tinggi, mencapai Rp. 275,6 miliar, apabila dibanding tahun lalu 2018 sebesar Rp. 190 miliar (Kompasiana.com, 16/05/2019).

Sementara itu, Pemerintah Kota Palembang menilai kebijakan penaikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sudah layak karena sesuai kajian dan aturan yang berlaku. Sebagaimana Kepala Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang Shinta Raharja mengatakan pihaknya sudah melakukan kajian cukup lama. Selain itu, sosialisasi juga sudah dilakukan melalui para ketua Rukun Tetangga (RT) di seluruh wilayah (Bisnis.com, 20/05/2019).

Lain halnya Pengamat Ekonomi Yan Sulistyo, mengakui kenaikan PBB dari hingga 500 persen ini diluar kewajaran. Yan mengatakan bahwa, ia curiga kenaikan biaya PBB ini untuk Tunjangan Penghasilan Pegawai, padahal biaya TPP bukan kompenen gaji pokok maupun upah. Lanjutnya hal ini adalah cara pemerintah mendapatkan uang tambahan. Ia pun menyarankan biaya pajak yang harus dinaikkan adalah tempat bisnis seperti hotel,restoran kontarakan, kos-kosan bahkan kantor (Tribunnews.com, 14/05/2019).

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co