Para Kepala Desa di Konawe Ikuti Sosialisasi Penataan Kewenangan Desa

Para Kepala Desa dari Kecamatan Lambuya saat berfoto bersama dengan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Kepala DPMD Konawe Keny Yuga Permana
Para Kepala Desa dari Kecamatan Lambuya saat berfoto bersama dengan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Kepala DPMD Konawe Keny Yuga Permana

KONAWE – Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar sosialisasi penataan kewenangan desa se Kabupaten Konawe di hotel tiga putra, Senin (29/11/2021).

 

Sosialiasi ini dibuka oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa sedangkan untuk pesertanya terdiri para kepala desa dan jajaranya

 

Kepala Dinas PMD Konawe, Keni Yuga Permana mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya pihaknya dalam mendorong semua desa di Konawe dapat melahirkan peraturan desa tentang kewenangan desa.

“Karena itu merupakan hal yang penting dalam Undang-Undang Nomor 6 asas rekognisi dan subsidiaritas itu merupakan bentuk nyata pengakuan negara terhadap mereka,” kata Keni.

 

Ia melanjutkan, pengakuan itu agar mereka (Pemerintah Desa) bisa menyelenggarakan urusan pemerintahan, keuangan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Selain itu, Keni menyebut, pelaksanaan sosialisasi ini juga direncanakan digelar selama satu hari.

 

Adapun materi sosialisasi ini diantaranya, kebijakan umum penataan kewenangan desa yang disampaikan oleh Kadis PMD Konawe, Keni Yuga Permana.

 

Selanjutnya, materi sinkronasi antara Desa, RPJMDesa, RKPDesa, dan APBDesa.

 

Materi kebijakan penyusunan penataan kewenangan Desa yang dibawakan oleh Syahban Hidayat, dan materi mekanisme penyusunan implementasi kebijakan keuangan Desa oleh Rai Suyanto. (Red/Rand)


 

error: Hak Cipta dalam Undang-undang