,

Pasar Murah Selama Ramadan

Hasni Tagili, M. Pd.
Hasni Tagili, M. Pd.

Oleh: Hasni Tagili, M. Pd.

(Dosen dan Penulis Buku)


Adalah hal lumrah, pasar murah selama Ramadan yang menjadi kegiatan tahunan skala nasional. Ya, pasar murah hadir untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasaran selama Ramadan dan membantu meringankan beban masyarakat, utamanya yang berpenghasilan rendah.

Sebut saja Pemerintah Daerah Konawe melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Badan Urusan Logistik (Bulog), Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) bersama satgas pangan Polres Konawe menggelar pasar murah Ramadan di Pasar Asinua, Kecamatan Unaaha (Sultrakini.com, 13/5/2019).

Kegiatan ini dimulai di minggu pertama Ramadan dengan menjajakan minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan daging. Adapun nilai jualnya, gula pasir dibanderol dengan harga Rp 11.500 per kilogram, minyak Rp 12.000 per liter, bawang merah Rp 32.000 per kilogram, bawang putih Rp 50.000 per kilogram, dan daging kerbau Rp 80.000 per kilogram.

Kepala BP4K Kabupaten Konawe, Muh Akbar, menerangkan tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan sembilan bahan pokok selama Ramadan. Sehingga, timnya akan berkeliling ke pasar-pasar terdekat di dalam ibu kota Kabupaten Konawe, menawarkan sembako murah dan harga terjangkau.

Tak Hanya pada Ramadan

Bagi masyarakat menengah ke bawah, opsi pasar murah seperti oase di tengah gurun pasir. Keberadaannya tentu sangat dibutuhkan. Maka tak heran jika kemunculan pasar murah Ramadan ini menuai antusiasme yang besar dari masyarakat.

BACA JUGA :   Surunuddin : Anggaran Desa Jangan Ditutupi

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co