,

Pelaksanaan STQH Konsel 1 Maret


 KALOSARA NEWS : Pelaksanaan Lomba Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2019 mengalami perubahan. Semula di jadwalkan 2 Maret dan berakhir 10 Maret 2019. Namun pembukaan lomba di majukan satu hari dari rencana semula dan jumlah hari lomba di persingkat, tepatnya pada tanggal 1 – 6 Maret 2019.

Kepastian perubahan pelaksanaan kegiatan terungkap saat Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga memimpin rapat evaluasi pemantapan terkait kegiatan tersebut di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Sjarif Sajang.

Rapat yang berlangsung di Balai Pertemuan Kecamatan Ranomeeto tersebut juga di hadiri unsur Forkopimda, Kepala KUA Kemenag, pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat dan para pengurus LPTQ se-Konsel, Jum’at (22/2/2019).

“Hari ini kita finalkan seluruhnya urusan terkait lomba STQH dan tidak ada lagi rapat selanjutnya, yang mana kegiatan akan kita buka Tanggal 1 Maret 2019, jadi saya minta seluruh pihak agar mensukseskan acara,” ucap Bupati Konsel, Surunuddin mengawali dialognya.

Surunuddin yang memulai rapat tepat pada Pukul 09. 00 Wita usai bersenam sehat bersama warga  Kecamatan Ranomeeto ini, dalam kesempatan itu, juga memerintahkan kepada Sekda, pimpinan OPD dan Camat agar ikut berpartisipasi serta berperan aktif menyemarakkan kegiatan dengan mengikut sertakan instansi masing-masing dalam pawai bersama peserta lomba. Termasuk juga menentukan titik pemberangkatan para kafilah.

“Saya juga minta agar selalu berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil setempat, karena setiap urusan pemerintah merupakan satu kesatuan dan tanggung jawab bersama Forkopimda, dengan harapan dapat meminimalisir permasalahan yang timbul sehingga acara berlangsung tertib, aman dan kondusif,” tandas Surunuddin.

Sementara itu, mewakili Kapolres Konsel, Kaur Binops Binmas, IPTU Muslimin menyampaikan bahwa jajarannya bersama TNI siap mengamankan dan mensukseskan pelaksanaan Lomba STQH, sekaligus menyampaikan agar Camat selalu berkoordinasi dengan pihaknya terkait keamanan perjalanan, saat pemondokan hingga selesainya acara.

BACA JUGA :   Dispensasi Nikah, Jaminan Maksiat Ala Liberal-Demokrasi

“Saya minta kepada Camat atau panitia agar para kafilah saat ke lokasi kegiatan tidak menggunakan mobil bak terbuka, dan harus dikawal pihak Babinsa, Babinkantibmas bekerjasama dengan Perhubungan serta Satpol PP Pemda, demi keamanan dan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian,” tegasnya.

Sedangkan, selaku penanggung jawab kegiatan, Kabag Kesra, Hamlin S Ode Maka menyampaikan bahwa Tema kegiatan STQH pada Tahun 2019 Tingkat Kab Konsel yakni, ” STQH Mewujudkan Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Sosial Kemasyarakatan Guna Mendukung Terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat”. Yang pelaksanaannya juga sebagai persiapan menghadapi STQH Tingkat Provinsi di Bulan Mei atau Juni mendatang.

“Pembukaan akan di laksanakan usai Sholat Jum’at di tandai dengan pawai Ta’ruf, pada 1 Maret dan berakhir 6 Maret 2019, yang lama hari kegiatan tergantung jumlah peserta yang ikut pada setiap jenis lomba, yang mana, acara pembukaan dan kesenian islami dipusatkan di tribun utama lapangan Andoolo,” jelas Hamlin.

Lebih lanjut, Hamlin menjelaskan bahwa pada saat hari pembukaan, akan disiapkan 25 tenda terowongan dan ribuan kursi, mengantisipasi para lansia yang kelelahan karena berdiri lama atau undangan lainnya. Serta mencegah peserta meninggalkan lokasi saat acara masih berlangsung.

Adapun jenis lomba yang akan di pertandingkan, ungkap Hamlin, yakni, Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan (Gol) Anak-anak dan Dewasa Putra & Putri bertempat di Masjid Agung Andoolo, dan Cabang Hifzh Al-Qur’an Gol 10,20 dan 30 Juz Putra-Putri di Aula Diknas, Cabang Tafsir Al-Qur’an Gol Bahasa Arab Putra-Putri di Aula Kantor Kemenag.

Juga Cabang Musabaqah Hadist Nabi Gol Hafalan 100 Hadist dengan Sawad Putra-Putri bertempat di Aula Bappeda, lanjutnya, dan Cabang Lasqi skala kecil kategori Qasidah Rebana Tingkat (Tk) Majelis Taklim Kecamatan, Bintang Vokalis Tk Anak2, Remaja, dan Dewasa Putra-Putri, di Tribun Utama Lapangan Andoolo.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co