Ragam  

Pembangunan RSUD Konawe, Diawali Dengan Ritual ” Mosehe “

KONAWEKalosaraNews.com – Mosehe merupakan tradisi tolak bala bagi suku Tolaki . Tradisi tersebut telah diwariskan turun temurun oleh leluhur masyarakat etnis Tolaki. Budaya itu hingga kini masih terus digunakan.Pemerintah Kabupaten Konawe akhirnya resmi memulai pembangunan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang baru, Kamis (06/10/2016).

pelaksanaan Mosehe yang berlangsung dipelataran RSUD, disaksikan langsung Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa, Kapolres Konawe, AKBP Jemi Junaidi dan Kajari Konawe, Saiful Bahri Siregar, Kadis Kesehatan Konawe, Muh. Aris dan Direktur RSUD Konawe, Muh. Agus Lahida serta

( Foto Rand. – Prosesi Pelaksanaan Mosehe Awali Pembangunan RSUD Konawe )

disaksikan hadirin lainnya. Mereka yang hadir bahkan ada yang berebut air sakral yang telah diberikan matra, untuk membasuh mukanya. Mereka percaya jika air tersebut bakal membawa keberkahan dan terhindar dari bala.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ridwan Lamaroa menuturkan, prosesi tersebut adalah dimaksudkan untuk meminta perlindungan dari Tuhan yang maha esa, agar prosesi pembangunan RSUD Konawe berjalan dengan baik.

” Kita berharap, proses pembangunan mulai dari pembongkaran gedung lama sampai pembangunan gedung baru bisa berjalan tanpa hambatan,” Ungkapnya.

Reporter : Candra
Editor : Rand

error: Hak Cipta dalam Undang-undang