,

Pembangunan Smelter untuk Kepentingan Siapa?

Penulis : Ratni Kartini, S.Si (Member WCWH dan Mahasiswi Sekolah Ahli Ekonomi Islam)
Penulis : Ratni Kartini, S.Si (Member WCWH dan Mahasiswi Sekolah Ahli Ekonomi Islam)

 


OPINI : Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya nikel cukup besar. Potensi sumber daya mineral nikel di Provinsi Sulawesi Tenggara cukup sebesar 97,4 miliar ton yang tersebar dalam luas 480 ribu Ha. Dari jumlah izin usaha pertambangan (IUP) yang dikeluarkan masing-masing Kabupaten/Provinsi sebanyak 528  IUP, 350 IUP (66%) adalah IUP nikel.

IUP nikel terbanyak ada di Kabupaten Konawe Utara, dan di posisi kedua berada di Kabupaten Kolaka Utara, berikutnya Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton, serta sedikit di Kabupaten lainnya (Esdm.go.id, 12/2015).

Terkait dengan peraturan larangan ekspor bijih nikel, maka ada beberapa perusahaan di Provinsi Sulawesi Tenggara yang membangun smelter nikel. Di antara perusahaan tersebut adalah perusahaan Ceria Nugraha Indotama (CNI) di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan pembangunan smelter PT CNI dijadikan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebagaimana hal itu disampaikan Asisten Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Kemenkomarves Tubagus Nugraha dalam pertemuan Debottlenecking Pembangunan Smelter PT CNI. Menurutnya, Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

pembangunan Smalter PT CNI ini merupakan langkah untuk mewujudkan komitmen pemerintah dalam memperkuat daya saing industri nasional di tingkat dunia, melalui hilirisasi nikel (Zonasultra.com, 20/11/2020).

Dari pembangunan smelter ini maka akan ada tambahan pemasukan bagi negara sebesar 300% daripada nikel hasil tambang diekspor dalam bentuk bijih. Smelter yang akan dibangun juga bakal menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, produksi tambang juga lebih terkendali, memacu industri hilir karena ketersediaan bahan baku dalam negeri, serta mengurangi kerusakan lingkungan karena mineral yang tidak dimanfaatkan dapat dikembalikan.

BACA JUGA :   Dorong Investasi, Pemkab Koltim Sosialisasikan sistem OSS

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co