, ,

Pemda Konsel Target Penyajian LPPD 2019 Terbaik di Sultra

Ketgam : Bimbingan teknis cara penyusunan dan penyajian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD)

KALOSARA NEWS : Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis cara penyusunan dan penyajian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) . Kegiatan ini melibatkan pengelola LPPD, OPD, Bagian dan Pemerintah Kecamatan se-Konsel.

Asisten I Setda Konsel, Agusalim  dalam sambutannya menjelaskan LPPD memuat kinerja Pemda dalam menyelenggarakan seluruh urusan konkuren/urusan bersama yang di bagi kepada pemerintah usat, provinsi, dan daerah secara proporsional berdasarkan azas desentralisasi dan tugas pembantuan.

“Akuntabilitas dan transparansi Pemda terhadap hasil kinerja penyelenggaraan urusan konkuren dan pelayanan publik kepada masyarakat  dapat di wujudkan sebagai satu kesatuan sistem pelaporan penyelenggaraan Pemda yang komprehensip, utuh dan tunggal,”  sambutnya. Selasa, (11/12/12) malam bertempat di salah Hotel di Kota Kendari saat membuka kegiatan.

Kata Agusalim, penyusunan LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah untuk memberikan laporan ke pusat agar diketahui Indeks Kinerja Kunci (IKK) dari setiap OPD yang nantinya menjadi instrumen penilaian dan pengawasan pusat atas keberhasilan Pemda menyelenggarakan pemerintahan baik perumusan kebijakan maupun disegi pembangunan.

“Kualitas penyusunan LPPD di tentukan komitmen pimpinan daerah untuk mendorong OPD selaku penanggung jawab IKK yang secara rutin melaporkan hasil capaiannya kepada kepala daerah, sehingga di perlukan pembentukan tim LPPD kabupaten yang handal agar dapat melaksanakan fungsi koordinasi dengan perangkat daerah dalam proses penyusunan LPPD dengan menyajikan IKK yang berkualitas,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan pelatihan hari ini adalah usaha Pemda untuk menyamakan persepsi dari semua penanggung jawab pengelola LPPD pada OPD hingga ke tingkat Kecamatan, olehnya, peserta di harapkan dapat menyimak dengan serius apa yang di paparkan pemateri, sehingga kualitas kinerja pengelola LPPD bisa lebih baik.

BACA JUGA :   Sosialisasi Bahaya HIV/AIDS

Di tempat yang sama, Kabag Pemerintahan, Anas Mas’ud menyampaikan, pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari kedepan mulai tanggal 11 – 13 Desember 2018 dan di ikuti 85 peserta ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengelola data pada OPD cara penyampaian LPPD, agar kualitas kinerja LPPD Konsel semakin meningkat baik dari segi peringkat, skor (nilai) dan kinerja.

“Target Pemda adalah dapat menyajikan LPPD terbaik untuk tingkat Provinsi Sultra sehingga dapat mendongkrak peringkat pada tingkat nasional.”pungkasnya.

Dikatakannya,  masyarakat harus dapat mengakses informasi LPPD melalui website Pemda agar tujuan menciptakan keterbukaan informasi publik dapat terwujud. “Kita juga dapat melihat peningkatan yang signifikan terhadap peringkat LPPD Konsel secara nasional, sekaligus masyarakat dapat mengetahui kinerja Pemda setiap tahunnya melalui berbagai media publikasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan ini di buka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. H. Agusalim di dampingi Kabag Pemerintahan Setda Drs. Anas Mas’ud, M.Si. Pemateri utama

Kasubdit Evaluasi Kinerja Ir. Agustenno siburian. M. Si, dan Kasi Wil II Direktorat Evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah (EKPD) Kemendagri Haryanto, SE.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co