Pemda Konsel Lakukan Sosialisasi Aplikasi SIKAP dan Tender Cepat.


KALOSARA NEWS : Sebagai implementasi pengembangan, pembinaan dan peningkatan kompetensi pelaku pengadaan barang dan jasa (PBJ), Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) dan Tender Cepat Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4.3, Selasa (23/4/2019).

Kegiatan yang di laksanakan di Hotel Fortune Frontone Kota Kendari ini dibuka langsung Kepala Bagian (Kabag) Unit Layanan Pengadaan (ULP), Asruddin A Mangidi, ST.,M.PW di dampingi  Nara Sumber Staf Direktorat Pengembangan SPSE LKPP Taufiq Mun’im.

Turut mendampingi Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pengelola Sistem Informasi Pengadaan Bagian PBJ Setda Konsel, Yustinus Laponangi, S.Kom dan Kasubag Pelaksana Pengadaan, Jonius, ST., M.Si, dengan peserta para penyedia/kontraktor se-Konsel.

 

Di kesempatan tersebut, Kabag ULP, Asruddin mengatakan bahwa seiring dengan perkembangan Iptek yang membawa bangsa indonesia menuju paradigma baru, yakni memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dimana TIK diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan instansi pemerintah dalam rangka optimalisasi pelayanan umum yang menjadi harapan seluruh lapisan masyarakat yang cepat profesional, transparan dan lebih mudah.

Olehnya itu, jelas Asruddin, LKPP terus mengembangkan Aplikasi untuk memenuhi tuntutan perubahan perkembangan TI dan kebutuhan terkini dalam percepatan pengadaan PBJ Pemerintah secara elektronik, yang juga untuk menekan permasalahan yang timbul.

Salah satunya aplikasi SIKAP dan Tender Cepat SPSE 4.3, sambungnya, sehingga kegiatan ini digelar sejaligus berharap peserta bisa memahami materi yang di sampaikan nara sumber dan segera menyesuaikan dengan perubahan dan dinamika terkait kebijakan dan implementasi percepatan PBJ

“Selain itu, sosialisasi ini merupakan upaya Pemda Konsel melalui Bagian ULP untuk memberikan pemahaman kepada pengguna aplikasi, sehingga user dapat menggunakan aplikasi tersebut pada proses pengadaan PBJ secara elektronik di Konsel,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Krisis Moral Dibalik Industri Perfilman Indonesia

Sementara itu, selaku Ketua pelaksana kegiatan sosialisasi, Yustinus menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi SDM dibidang PBJ bagi penyedia, dan memusatkan data penyedia untuk mendapatkan penyedia yang berkualitas berdasarkan jenis atau kompetensi usaha yang dimilikinya, serta mempercepat proses tender sehingga lebih simple dan tetap kredibel.

“Adapun metode pelaksanaan kegiatan yakni menerima materi tentang pengisian aplikasi SIKAP pada Aplikasi SPSE 4.3 serta sosialisasi dan simulasi tender cepat bagi penyedia,” tutur Yustinus.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co