Pemdes Tanggobu – Lambuya Tetapkan Hasil SDGs Tahun 2021

Reporter : Hijra | Editor : Armin Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS : Pemerintah Desa (Pemdes) Tanggobu Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar musyawarah desa (Musdes) dalam rangka menetapkan hasil Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) di Desa Tanggobu tahun 2021.

Kegiatan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil, lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Kepala Desa Tanggobu Akil fiad menuturkan musyawara penetapan SDGs tahun 2021 setelah tim relawan desa berjumlah tujuh orang telah menyelesaikan pendataan dengan tepat waktu.

Selain itu kata Fiad ini juga merupakan kerja keras dari tim relawan yang dibantu RT serta para kader lainnya dan para pemuda sehingga pemutakhiran ini dapat terselesaikan tepat waktu.

“untuk data Desa Tanggobu alhamdulilah telah rampung, dan hari ini kami telah menyelenggarakan musdes penetapan hasil pendataan selama satu bulan. dimana dari hasil pendataan berjumlah 162 kepala keluarga dan 574 jumlah jiwa, dimana data ini akan digunakan untuk data yang berkelanjutan,” kata Fiad Rabu, 9 Juni 2021

Dikatakannya data ini juga merupakan instrumen untuk mendukung ketepatan penggunaan dana desa. Sekaligus mendukung pemerintah daerah agar bisa lebih detail melihat permasalahan di daerahnya. Maka Kementerian Desa, PDTT di 2021 ini menekankan kepada seluruh desa untuk melakukan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa.

“kegiatan pendataan SDGs ini di mulai pada tanggal 1 mei 2021 sampai 30 mei 2021,” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan musdes penetapan SDGs dilaksanakan di Balai Desa Tanggobu serta di hadiri Sekcam Lambuya, Babinsa, Babinkamtibmas, pendamping desa serta masyarakat.

BACA JUGA :   Petaka Covid-19 dan Kemiskinan Kronis

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co