Pemdes Tetembomua Salurkan BLT DD pada 15 Kepala Kelurga


KALOSARA NEWS – Pemerintah Desa Tetembomua, Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) lanjutan pada 15 kepala keluarga melalui anggaran Dana Desa (DD) tahap dua 2021

Kepala Desa Tetembomua Tinasari menuturkan untuk anggaran dana desa tahap dua ini ada tiga jenis kegiatan yang direalisasikan. Kegiatan pertama yakni pembayaran BLT DD lanjutan sebasar Rp300 ribu perbulan serta upaya pencegahan covid-19 dan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

 

“awalnya penerima BLT DD berjumlah 31 kepala keluarga, namun setelah ada aturan baru bahwa yang mendapat program kartu prakerja sudah tidak bisa mendapat BLT akhirnya setelah diverifikasi tinggal 15 orang saja yang dapat BLT, sementara yang lainnya telah mendapat program kartu pra kerja yang mendapat insentif Rp600 ribu tiap bulannya selama empat bulan”katanya Jum’at, 13/08/2021.

Ia berharap agar nantinya mereka yang perna dapat BLT DD dapat di usulkan kembali untuk menjadi penerima

“saya harap kedepannya warga saya yang perna dapat BLT dapat saya usulkan kembali, karena untuk di program kartu prakerja ini hanya empat bulan saja. Sementara mereka adalah para petani yang penghasilannya dibawah Rp500 ribu, sehingga dengan memasukan sebagai penerima BLT kembali. Mereka dapat di ringankan beban ekonominya. Apalagi ditengah pandemi covid-19” harapnya.

 

Terkait dengan upaya pemerintah desa dalam penanggulangan penyebaran covid-19 Tinasari mengatakan bahwa dirinya mendirikan posko PPKM Mikro serta
pembagian hand sanitizer, masker, sabun cuci tangan lengkap dengan ember yang disimpan depan rumah warga. Bukan hanya itu pihaknya juga bekerjasama relawan covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap rumah warga.

Sedangkan untuk kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) pihaknya melakukan pembersihan jalan usaha tani sepanjang dua kilo yang akan dibersihkan warga desa sebanyak 60 orang serta akan diberikan insentif Rp100 ribu tiap harinya.

BACA JUGA :   Gerakan Wakaf Digagas,  Kapitalisme Temui Jalan Buntu?

“untuk kegiatan PKTD pembersihan badan jalan, pembersihan parit dan menghampar tanah di jalan usaha tani kami” tutup Tinasari. (Red/Rand).


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co