Pemdes Walay Lakukan PKTD Cegah Banjir

KALOSARA NEWS  – Guna meningkatkan pendapatan masyarakat desa Walay, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe dimasa pandemi covid-19, pemerintah desa setempat lakukan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan memperbaiki saluran air.

 

Kepala desa Walay Abidin menyampaikan, pekerjaan saluran air ini di lakukan akibat sering terjadi banjir dan menutupi ruas jalan, maka dari itu pemerintah desa walay berinisiatif lakukan PKTD di lokasi ini.

 

“Tiap musim hujan di sini (lokasi PKTD) sering tergenang sampai di jalan, mudah mudahan dengan perbaikan saluran air ini, air bisa langsung ke pembuangan” kata Abidin, selasa 16/08/2021.

 

Untuk PKTD ini sambung Abidin, sebanyak 150 warga terdiri dari dusun I,II dan III ikut dalam kegiatan ini dengan upah Rp. 100 ribu perhari dengan sasaran keluarga setengah penganggur, kelompok miskin dan kelompok marjinal.

 

” Panjang yang di kerjakan ini 1200 meter dengan waktu kerja di perkirakan selama 3 hari. Dari tahap I,II dan III pemdes menyiapkan Rp. 320 juta, satu tahun anggaran dana desa,” terangnya.

 

Selain PKTD, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) juga telah di salurkan pemerintah desa Walay dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 43 orang.

 

Di anggaran Dana Desa tahap dua ini, Pemdes Walay juga menganggarkan penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Walay, serta pengadaan alat kesehatan (Alkes).

 

” Untuk Bumdes kita fokus pada pertanian, seperti penyediaan pupuk dan pestisida sementara di bidang kesehatan, pemdes walay anggarkan pengadaan alat kesehatan, seperti kursi roda, tabung Oxygen dan memberikan intensif kader posyandu,” ungkap Abidin.(Red/Utha

BACA JUGA :   Islam Bukan Sekedar Agama, Tapi Sebuah Sistem Kehidupan

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co