Pemdes Watarema- Lambuya Buat Jalan Usaha Tani 1200 Meter dengan PKTD

Ketgam : Pembuatan badan jalan Jalan Usaha Tani dengan metode PKTD
Ketgam : Pembuatan badan jalan Jalan Usaha Tani dengan metode PKTD

Ketgam : Persiapan penyemprotan disinfektan oleh Relawan Covid-19 Desa Watarema
Ketgam : Persiapan penyemprotan disinfektan oleh Relawan Covid-19 Desa Watarema

 

KALOSARA NEWS – Pemerintah Desa Watarema, Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara mulai merealisasikan penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Kepala Desa Watarema Askar menuturkan, dana desa tahun ini dimanfaatkan untuk membangun jalan usaha tani, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta upaya mencegah dan menekan penyebaran covid-19.

“untuk bantuan BLT DD setiap KK menerima Rp300 ribu setiap bulannya, jadi yang diberikan BLT ini adalah meraka yang berstatus lansia, janda dan duda serta masyarakat yang memiliki penghasilan renda seperti pendapatan Rp500 kebawah” kata Askar belum lama ini.

 

Ketgam : Pemberian masker pada warga di Desa Watarema
Ketgam : Pemberian masker pada warga di Desa Watarema

Terkait jumlah penerima BLT DD di desa Watarema, kata Askar untuk penerima ada 27 KPM.

“saat ini penyaluran BLT DD sudah masuk ke tahap dua salur enam,”jelasnya

Sedangkan untuk program fisik, Askar menjelaskan tahun 2021 satu ini pihaknya membuat jalan usaha tadi baru dengan volume 1200 meter dengan metode kerja padat Karya Tunai Desa (PKTD).

“dengan metode kerja PKTD, kita dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat di tengah pademi covid-19 ini. Paling tidak dengan insentif Rp100 perhari kita dapat mengurangi beban ekonomi warga”jelas Askar.

Untuk upaya mengentikan penyebaran covid-19. Pemdes Watarema juga mengalokasikan anggaran DD untuk pembelian bahan-bahan keperluan disinfektan dan pendirian posko jaga PPKM.

“setiap dusun kami bentuk posko jaga dan ada juga Posko Utama PPKM mikro, bahkan pembagian masker, pembagian hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga” tutupnya. (Red/Rand).


BACA JUGA :   Tasman Taewa Buka Acara Pelatihan Pelatih SKJ

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co