Pemkab Koltim Pertahankan Opini WTP Bertutur-turut


KALOSARA NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas prestasi mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Capaian WTP ini merupakan prestasi pertama pemerintahan SBM dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2020 lalu.

Namun sebelum pemerintah SBM, Opini WTP dari BPK telah diraih Koltim sejak dua tahun berturut-turut sejak tahun 2018 hingga tahun 2019, dan tahun ini merupakan prestasi WTP ke tiga Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur. Plakat penghargaan WTP ini, diserahkan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka Arief Rokhman kepada Pelaksana harian (Plh) Bupati Koltim Belli Harli Tombili, pada Selasa 12/10/2021.

Dalam kegiatan itu, Belli Harli Tombili mengatakan penghargaan ini menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi pemerintahan Kolaka timur untuk mempertahankan dan lebih mendisiplinkan lagi pengelolaan maupun laporan keuangan daerah di masa mendatang.

“Ini bukanlah tujuan akhir atas capaian yang di raih, namun yang menjadi tujuan utama adalah kemakmuran seluruh masyarakat di Koltim,” kata Belli.

Di tambahkan, predikat tersebut bisa diraih berkat dedikasi dan kerja sama yang baik antar jaajaran Pemkab Koltim dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan dengan baik, sehingga mampu mempertahankan WTP ini berturut-turut. Dan hal ini merupakan tantangan nyata yang harus di emban pemerintah daerah dalam mempertahankan prestasi dari BPK RI.

“Ini bisa memberi tambahan semangat motivasi bagi Pemkab Koltim untuk tetap konsisten mempertahankan di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Belli di Ruang Rapat Bupati Koltim yang juga dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim.

BACA JUGA :   Sekda Konsel Dibuat Geram ASN, Berikut Penyebabnya

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa melalui Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman mengapresiasi atas capaian Pemerintah kabupaten Kolaka timur yang sudah tiga kali menerima WTP tersebut.

Ia berharap, apa yang menjadi prestasi tahun ini semoga dapat dipertahankan di tahun berikutnya, sebab mempertahankan prestasi merupakan tantangan nyata pemerintah daerah, khususnya kolaka timur dalam sistem pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah sesuai standar pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk menyerahkan piagam penghargan WTP ini, kami berharap semoga terus dipertahankan di tahun-tahun berikutnya” terang Arief Rokhman usai menyerahkan plakat WTP dari kemenkeu RI.

Dalam penyerahan piagam WTP tersebut yang di laksanakan di ruang rapat bupati koltim itu, turut di hadir seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Koltim, yang juga akan di langsungkan rapat koordinasi antar OPD dan Plh Bupati Belli Harli Tombili, usai penerimaan piagam dari KPPN Kolaka.(Pariawara)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co