Penambangan Ilegal Potret Kelam Kembali Terulang

Lisa Aisyah Ashar
Lisa Aisyah Ashar

Oleh: Lisa Aisyah Ashar (Mahasiswa USN Kolaka)


Maraknya penambangan ilegal bukan lagi menjadi potret baru di Bumi Anoa, terkenal sebagai kawasan yang kaya akan kekayaan alamnya, kini habis terkeruk hingga memberi dampak buruk.

Dilansir dari TELISIK.ID, aktivitas dugaan penambangan ilegal galian C kembali marak terjadi di Buton Selatan (Busel). Tak tanggung-tanggung, alat berat jenis ekskavator dikerahkan guna mempercepat proses penggalian material pasir. Minimnya pengawasan dari pihak terkait membuat aktivitas itu semakin mudah dilakukan. Selain itu, disinyalir kerugian daerah pastinya terjadi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Busel, Untung mengatakan, aktivitas tersebut tak mengantongi dokumen lingkungan dan izin resmi penambangan dari pemerintah.

“Kemarin itu kita di lokasi bersama asisten dua, kesehatan, camat dan lingkungan hidup. Memang harus kita ambil langkah hukum,” beber Untung saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon, Selasa (13/10/2020).

BACA JUGA :   72 Rumah di Konawe Utara Hanyut

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co