Perlakuan Islam Terhadap Mualaf

Oleh : Rima Septiani

(Mahasiswi PGSD UHO)

Alhamdulillah, baru-baru ini kita dikabarkan dengan berita gembira. Tidak lain masuk Islamnya  public figur Dedy Corbuzier . Hal tersebut merupakan suatu kesyukuran atas bertambahnya saudara Muslim kita. Dedy Corbuzier menyatakan dirinya telah memeluk agama Islam setelah melalui proses yang panjang yaitu delapan bulan lamanya mempelajari Islam. Berita ini dibenarkan langsung oleh Gus Miftah, selaku pihak yang akan menuntun pengislaman presenter berkepala plontos itu.(www.liputan6.com/19/6/2019)

Konsekuensi Atas Muslim

Kalimat syahadat merupakan rukun Islam yang pertama. Memaknai syahadat harus benar-benar paham bahwasannya kita bersaksi bahwa tidak ada sesembahan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, yang membawa risalah kebenaran Islam sekaligus menjadi Nabi dan Rasul terakhir.

Dikatakan oleh Ustadzah Irena Handono bahwa  bersyahadat adalah gerbang pertama untuk siap menerima konsekuensi bagi dirinya terhadap Islam. Sejatinya ini adalah  awal untuk menapaki perjalanan hidup ini.

Seseorang yang telah mengikrarkan dirinya telah memeluk Islam, maka siap menerima konsekuensi menjalankan hukum syariat. Dia harus menjalankan perintah Allah dan Rasul, membangkang terhadap hukum syariat sama saja membangkang pada Allah dan Rosul-Nya.  Menjadi seorang Muslim harus terikat dengan berbagai macam aturan yang berasal dari langit. Ketaatan tersebut mutlak bagi dirinya sepanjang hayat.

Dalam Islam, ada 5 rukun iman yang wajib seorang Muslim yakini sepenuh hati yaitu beriman kepada Allah, beriman pada malaikat, beriman pada kitab Allah (Al-Qur’an), beriman pada Nabi dan Rasul, beriman pada Qodo dan Qodar. Hal ini merupakan pondasi dasar yang akan membentuk kepribadian seorang Muslim kedepannya.

Rukun Islam yang kedua adalah melaksanakan sholat. Perkara ini wajib dilaksanakan bagi setiap Muslim yang menyatakan dirinya sebagai Muslim. Hanya saja perlu ditekankan, bahwa seseorang yang pindah agama ke dalam Islam, tidak boleh hanya sekedar dimaknai dari tidak sholat menjadi diwajibkan sholat.  Sejatinya ini merupakan perubahan besar yang terjadi pada individu, karena memutuskan masuk pada agama dan siap diatur. Agama ini adalah agama yang benar, akan menunjukan arah hidup sekaligus menyelamatkannya dari azab Allah.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co