Ragam  

Pilkada Konawe Serentak Pilgub Sultra 2018

KONAWE kalosaranews.com, -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe, Sarmadan mengatakan, pemiilhan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe bakal dihelat 2018 mendatang. Bersamaan Pemilihan Gubernur Sultra.

“Kabupaeten Konawe masuk jadwal gelombang ke tiga, bersamaan Kota Baubau, Kolaka dan Gubernur Sultra,”paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan, penetapan Pilkada disesuaikan dengan masa akhir jabatan. Untuk di Sultra, gelombang pertama sudah dilaksanakan pada 2016 ini di tujuh kabupaten/kota.

Sedangkan kelombang ke dua pada  15 Februari 2017. Juga 7 kabupaten,kota yakni Kota Kendari, Bombana, Kolut, Munbar, Buteng, Busel dan Buton.

Menurutnya, tahun ini KPU Konawe mulai melaksanakan persiapan sosialisasi awal terkait akhir masa jabatan kepala daerah. Kemudian juga sedang berkoordinasi dengan Pemkab melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk meminta DP4 dan agregat kependudukan.

Sebagai bahan perencanan penyusunan program dan penganggaran nanti.

Dikatan, untuk saat ini jumlah DPT sesuai pendataan Pilpres lalu sekitar 150 wajib pemilih. Dimungkinkan relatif berkurang setelah pemisahan DOB Konkep. Jumlah DPT di Konkep 24 ribu.

“Untuk jumlah penduduk Konawe sekarang ini sekitar 200 ribu,”tuturnya.

Ia menambahkan, untuk pembentukan badan edhok akan dimulai 2017 mendatang.
Perekrutannya secara terbuka berdasarkan petunjuk undang-undang dan PKPU.

Ditanya soal estimasi awal dana penyelenggaraan Pilkada yang akan diusulkan, ia mengatakan, berjumlah Rp. 40 miliar. Dari tahun sebelumnya Rp. 12 miliar.

“Melonjaknya anggaran Pilkada Konawe karena menyesuaiakn peraturan Kemenkeu tentang peningkatan honorarium badan edhok,”tandanya.

Penulis: Pey Bioni

Editor: Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang