Ragam  

Pilkades Konawe 21 September 2016

KONAWE – kalosaranews.com – tahun ini sejumlah 172 desa bakal mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secata serentak di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe. Pemilihan desa tersebut akan di helat Pada bulan September 2016 mendatang. Baca Juga : SKPD Konawe, Kurang Maksimal Genjot PAD

Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa menuturkan, Pilkades akan berlangsung pada tangga 21 September mendatang. Pemilihan pimpinan desa tersebut akan diikuti 172 dari 289 desa defenitif se-Kabupaten Konawe.

Untuk persiapan Pilkades kata Ridwan, pihaknya sejauh ini sudah berkoordinasi dengan DPRD Konawe. Terkait urusan pelaksanaannya akan menjadi tanggung jawab BPMD Konawe. “Koordinasi dengan pihak terkait sudah. Untuk masalah pendanaan kami sudah siapkan dana Rp1 milliar dari APBD. Masing-masing desa nantinya akan mendapatkan Rp5,7 juta untuk membiayai Pilkadesnya,” jelasnya. Pada sultrakini.com

Ridwan berharap, Pilkades nantinya bisa berlangsung aman. “Harapan kita semuanya bisa berlangsung aman, dan masyarakat desa bisa punya pimpinan terbaik dari pemilihan itu,” harap mantan Kepala Dinas Pendidikan Konawe itu.

Sebelumnya, banyak masyarakat yang bertanya-kapan Pilkades bakal digelar. Hal itu mengingat jabatan para Kades rata-rata telah berakhir. Para Kades yang telah berakhir masa jabatannya digantikan oleh camat setempat sebagai pelaksana tugasnya.

Ketua Komisi I DPRD Konswe, Ardin sebelumnya pernah mengutarakan, jika Pilkades Konawe akan berlangsung usai lebaran Idul Fitri yang lalu. Namun karena ada kendala teknis, Pilkades baru bisa dilaksanakan pada tanggal 21 September mendatang.

Editor : Rand

error: Hak Cipta dalam Undang-undang