Politik Dinasti di Alam Demokrasi Lahirkan Oligarki

Evasatriyani
Evasatriyani

Oleh: Evasatriyani, S.Pd (Praktisi Pendidik)


Pentas Pilkada untuk pesta demokrasi Indonesia kembali digelar di penghujung tahun 2020. Pilkada yang diselenggarakan serentak ini semakin menunjukkan penguatan dinasti politik.

Dimana melibatkan orang nomor satu di Indonesia dan beberapa pejabat negara seperti menteri dan gubernur. Sesuai dengan hasil hitung cepat, sederet kandidat pemenang pilkada di beberapa daerah memiliki hubungan keluarga dengan para penguasa.

Ada kemenangan telak putra sulung bapak presiden, Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Surakarta. Ada pula kemenangan menantunya, Bobby Nasution di Pilwalkot Medan (Katadata.co.id, 12/12/2020).

Kedua anak dan menantu ini menang telak dengan presentasi suara terbanyak.Kemenangan ini telah mengantarkan Jokowi sebagai presiden pertama Indonesia yang anaknya menjabat kepala daerah.

Sekaligus menjadi sejarah baru dalam politik demokrasi Indonesia. sebuah pencapaian yang ditorehkan bapak presiden hanya dalam waktu enam tahun kepemimpinannya.

Kategori dinasti politik yang lain juga terjadi pada Pilkada di Kediri. Kemenangan diperoleh Hanindhito Himawan Permana secara telak melawan kotak kosong. Ia tak lain adalah anak dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

BACA JUGA :   Warga Amonggedo Tagih Royalti PT. ST Nickel Resourrces

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co