Rencana Moratorium Tambang dan Sawit, Jangan “Kayak”Angin Surga

JAKARTA – kalosaranews.com ,  – Presiden Jokowi merencanakan moratorium untuk tambang dan kelapa sawit. Presiden menegaskan, jangan ada lagi eksplotasi sumber daya alam yang merusak. Ahmad Surambo dari Sawit Watch berkomentar, rencana moratorium sebenarnya menjanjikan tetapi masih perlu dicek kerangka dan pelaksanaanya.

“Ini masih sangat umum. Baru judul besarnya saja. Harus dipikirkan bagaimana operasionalnya. Jangan kayak angin surga,” kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/4/2016).

Ahmad mengatakan bahwa ekspansi sawit sudah sangat luas dan menimbulkan konflik lingkungan serta sosial. “Kalau hanya akan moratorium, itu tidak berguna,” katanya.

Menurutnya, yang harus segera dibereskan adalah konflik sosial, tenurial, dan lingkungan akibat sawit. Sistem yang ada selama ini tidak cukup ampuh membereskan masalah tersebut.

BACA JUGA :   Mitsubishi Beri Nama Bayi Barunya Xpander, Low MPV Pesaing Avanza cs

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co