Ragam  

Projo Mendukung ‘Berlian Murni’ di Pilkada Konawe, Itu Hoax

KABUPATEN KONAWE-SULAWESI TENGGARA

KALOSARA NEWS : Ketua Pelaksana Harian DPD Projo Sultra H. Rustam Petta Nyalla dan Ketua DPC Projo Konawe, Irvan Umar  membantah jika telah menentuhkan sikap akan memenangkan pasangan Litanto – Murni pada perhelatan pilkada Konawe 2018 mendatang.

Rustam menjelaskan, ada mekanisme yang mesti dilalui jika memang Projo hendak berafiliasi dengan salah satu kandidat di Pilkada, seperti di Konawe. Pertama, mesti ada rapat anggota di tingkat DPC. Setelah disepakati, hasilkan akan dibawa ke DPD. Selanjutnya, DPD Projo akan meneruskan hasil rapat tersebut ke DPP Projo.

“Kalau dari DPP sudah keluarkan arahan, barulah bisa dibuat pernyataan bahwa Projo mendukung salah satu kandiddat tertentu,” Ungkapnya saat di hubungi wartawan Via Telpon Selasa, (26/09/2017).  

 

Ketgam : Salah satu bukti projo telah mendukung Berlian murni yang di bantah oleh Ketua Pelaksana Harian DPD Projo Sultra H. Rustam Petta Nyalla dan Ketua DPC Projo Konawe, Irvan Umar

Menurutnya, tidak boleh seorang pengurus Projo langsung mengeluarkan pernyataan dengan membawa nama Ormas. Kalau penyataan dukungan secara pribadi terhadap kandidat tertentu, kata Rustam silahkan saja.

“Kami akan beri peringatan yang pertama, kalau tidak diindahkan akan diberi peringatan kedua, kalau masih tidak diindahkan lagi maka akan diberi sanksi pemecatan dari keanggotaan Projo,” terangnya.

Terkait adanya pandangan bahwa Projo identik dengan PDIP, Rustam menegaskan bahwa itu tidak benar. Ia mengungkapkan, bahwa Projo adalah Ormas, sedangkan PDIP adalah partai. Sehingga kata dia, tidak benar jika ada yang ingin menyama-nyamakan.

“Kalau Projo identik dengan Jokiwi, iya benar. Makanya tugas kita adalah mengawal nawacita presiden. Kita ini mata dan telinganya pak Jokowi di daerah-daerah,” terangnya

Di Tempat lain, Irvan juga kembali menegaskan bahwa Projo Konawe tidak terlibat dalam politik Praktis di Pilkada Konawe. Adapun jika ada anggota Projo yang mengeluarkan pernyataan mendukung salah satu kandidat, itu menurutnya adalah penyataan pribadi yang tidak boleh disangkutpautkan dengan nama organisasi.

“Kami tidak ingin isu ini mengganggu kerja teman-teman Projo di daerah. Makanya baik anggota yang mengeluarkan pernyataan sepihak bahwa Projo mendukung salah satu kandidat di Pilkada Konawe, kami akan berikan sanksi tegas sampai pada pemecatan, jadi informasi itu bohong, ” tandasnya.

DPC Projo Konawe, Irvan Umar
DPC Projo Konawe, Irvan Umar

Sebagaimana diketahui, beberapa hari belakangan, salah satu pengurus DPC Projo Konawe, Agus Said mengeluarkan penyataan di akun facebooknya, bahwa Projo Konawe telah mendukung pasangan “Berlian Murni”. Bahkan ia juga secara resmi telah menyatakan hal demikian pada pemberitaan di salah satu media.

Reporter : Bardin

Editor : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang