PT BNN Bangun Sarana Air Bersih di Desa Puuwonua, Anggaran Capai Rp1,5 M


KONUT – Perduli dengan warga di Desa Puuwonua, PT.Bumi Nikel Nusantara (BNN) siapkan anggaran 1,5 miliyar untuk pembangunan sarana air bersih di Desa Puuwonua Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, (Konut). Sulawesi Tenggara (Sultra).

Humas PT.BNN Yayat Hidayat Harun S.H menuturkan ini menyangkut kesejahteraan masyarakat, sehingga program utama perusahaan saat ini hanya fokus kepada pembangunan sarana air bersih saja.

“anggarannya sudah ada proses pelaksanaan dilapangan pun sudah mulai berjalan, insya allah dengan niat yang tulus perusahaan akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik terkhusus kepada masyarakat setempat,“kata Yayat, Senin 10 Januari 2022.

Kata dia, Perusahaan telah porsikan anggaran untuk pembangunan sarana air yang nantinya bisa melayani lebih dari satu penduduk wilayah desa. Bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat. Menagemen PT. BNN berinisiatif untuk membangun sarana air bersih yang baru. Dikarenakan sumber mata air yang selama ini digunakan oleh penduduk Desa Puuwonua tidak layak lagi untuk digunakan.

“Untuk pembangunan sarana air bersih ini target penyalurannya ada dua desa, yaitu puuwonua dengan puusuli, Tetapi yang menjadi prioritas kami saat ini hanya masyarakat desa puuwonua dulu, Adapun nanti kalau ada perubahan itu tergantung dari titik sumber mata air apakah debit airnya mampu untuk melayani dua desa atau tidak, Team trecing saat ini masi berusaha untuk menemukan sumber mata air yang maksimal,”katanya.

Di tempat yang sama, Sekdes Puuwonua MS menuturkan, keterlibatan masyarakat dan pemerintah desa dalam proses tahap awal pembangunan sarana air tersebut Mlmerupakan inisiatif dari manejemen perusahaan PT. Bumi Nikel Nusantara (BNN)

“inisiatif ini merupakan bentuk niat baik perusahaan yang sengaja melibatkan kami dalam tahapan tersebut, tujuannya agar nanti hasil dari pembangunan sarana air bersih ini dapat kami gunakan dalam jangka waktu yang panjang sesuai dengan keinginan kami sebagai masyarakat setempat,”ungkap Sekdes Puuwonua saat berada dilokasi penyambungan pipa

BACA JUGA :   Akibat Banjir, SD dan SMP di Konut Libur Hingga 15 Juni

Menurutnya tehnis awal pembangunan sarana air bersih yang saat ini dikerjakan sangat jauh berbeda dengan yang lainnya.

Mulai dari elepasi jalur pipa, sampai dengan standar penanaman fisik pipa kedalam tanah benar-benar dikerjakan Dldengan baik, Selain itu, Merck dan ketebalan pisik pipa juga sangat meyakinkan bahwa sarana air tersebut akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Selain itu, Kades Puuwonua juga menyampaikan bahwa, sumber mata air yang ada saat ini tidak digunakan lagi oleh penduduk Desa Puuwonua dikarenakan bak penampungan telah tertutup dengan lumpur,

“Untuk sementara waktu, sembari menunggu proses pembangunan sarana air bersih selesai, dalam ketersediaan pasokan air bersi Pihak Perusahaan telah Melakukan Langka Persuasife Dengan Mengoprasikan Satu Yunit Water Tank Yang Setiap Harinya Menyuplai Kebutuhan Air Keseluruh Warga Desa Puuwonua.,
“Kata kades puuwonua

Selain itu lanjut kades “keseriusan perusahaan dalam menangani air bersih Ini merupakan bukti bahwa kehadiran PT.BNN dibumi oheo akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, selain dapat mengurangi angka pengangguran, potensi dari aktipitas perusahaan juga dapat menunjang ekonomi warga setempat,’’ tutupnya.

Dari pantauan awak media ini, terlihat jelas semangat dan antusias beberapa karyawan Perusahaan PT.BNN yang berkolaborasi dengan warga serta pemerintah desa dalam melakukan aktipitas tahapan awal proses pembangunan sarana air bersih di desa Puuwonua.

Masing-masing tim telah dibagi untuk melakukan kegiatan trecing jalan penempatan alur pipa, trecing pencarian sumber mata air dengan penanaman fisik pipa yang tersedia. (Red/Lin)