REALISASI  DD DI KONAWE PRIORITASKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN

kery saiful konggoasa
                     Kery Saiful Konggoasa

Lenterasultra.com-(Unaaha)- Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan, pada Maret 2016 ini sejumlah desa di Kabupaten Konawe akan menerimah transfer dana desa sebesar 40 persen dari Rp. 600 juta  target realisasi pusat.

Menurutnya, untuk laporan pertanggungjawaban penggunaan DD 2015 lalu telah rampung. Dan dipastikan untuk pencairan tahun ini tidak akan ada keterlambatan.
“Jadi ada Rp. 200 juta per desa akan menerimah transfer dana di tahap pertama ini,”jelasnya.

Dikatakan, berjumlah 241 desa di Kabupaten Konawe telah mendapat alokasi dana ini. Sedangkan sisanya 52 desa masih dalam proses pembinaan. “Tahun ini anggaran tersebut kita prioritaskan untuk pemberdayaan, dan itu telah tercantum dalam APBDes yang telah disepakti sendiri oleh masyarakat setempat,”ujarnya.

Hal itu kata dia, karena pada tahun anggaran 2015 yang lalu sejumlah desa merealisasi dalam bentuk pembangunan fisik. Sehingga perlu disinergikan dengan kegiatan non fisik masyakat desa.
Selain itu pula, karena untuk anggaran fisik telah ditalangi oleh blokgrand dan Anggaran Dana Desa (ADD) Perisai Rp. 3 miliar. Tersebar di 28 desa. Sedangkan jatah per desa Rp. 150 juta.

Anggaran tersebut sudah termasuk bedah rumah kumuh semi permanen.

Menurut pemantauan Kery, hingga saat ini belum ada satupun desa yang bersamasalah. Dan ia berharap ini terus berlanjut tanpa masalah.

“Desa perlu berhati-hati dengan anggaran ini. Karena proses audit langsung BPK RI,”tuturnya.

 

Penulis: Pey Bioni

By. redaksi

BACA JUGA :   Di Konawe , Goyang DJ Dilarang

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co