, ,

Reses Ketiga Ketua DPRD Konawe, Infrastruktur Pokok Usulan Warga Desa Baruga

Ketgam : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Dr Ardin melaksanakan Reses ke tiga masa sidang II di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat. Kamis ,(21/2/2019).
Ketgam : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Dr Ardin melaksanakan Reses ke tiga masa sidang II di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat. Kamis ,(21/2/2019).

KALOSARA NEWS : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Dr Ardin melaksanakan Reses ke tiga masa sidang II di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat. Kamis ,(21/2/2019).Reses ini berlangusung  di balai desa serta diadakan tanya jawab  yang  dipimpin langsung oleh Kepala Desa Baruga Syamsul Husen  yang dihadiri sekitar seratusan orang.  Terdiri  dari  Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan perangkat desa.

Dalam pembahasan,  infrastruktur menjadi pokok usulan masyarakat desa. Yakni, perbaikan jalan, jembatan dan saluran irigasi yang dianggap dapat meningkatkan tarap hidup masyarakat.

Peserta reses yang diketahui mayoritas petani padi sawah ini, juga meminta bantuan sarana produksi (Saprodi) pertanian di antaranya, pupuk, obat-obatan, alat traktor dan bibit. Hal  itu mereka usulkan guna mendukung program pemerintah Kabupaten Konawe yakni sejuta ton beras. Termasuk stabilisasi harga gabah yang dianggap lebih menguntungkan pembeli daripada petani.

 

Ketgam : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Dr Ardin melaksanakan  Reses ke tiga masa sidang II di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat. Kamis ,(21/2/2019).
Ketgam : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Dr Ardin melaksanakan Reses ke tiga masa sidang II di Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat. Kamis ,(21/2/2019).

Hal lain yang menjadi fokus masyarkat, adalah perumahan dan kesehatan. Dalam reses tersebut masyarakat menginginkan agar ada program sengnisasi, air bersih dan peningkatakan kesehatan. Pasalnya masih ada bebetapa rumah yang belum menggunakan atap seng. Dan meski berada pada daerah persawahan tetapi masyarakat agak kesulitan mendapatkan air besih dan air minum. Termasuk kurang berfungsinya Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Baruga, serta perawat desa masih kurang pelayanannya pada masyakat.

Ketua DPRD Konawe Dr. Ardin, S.Sos.,M.Si didampingi Kepala Desa Baruga KecamatanWonggeduku Barat Syamsul Husen dan Bhabinkamtibmas Polsek Wonggeduku. Masyarakat juga mengusulkan program KWh, karena masih sekitar 47 rumah warga yang belum menikmati penerangan listrik, serta pagar Sekolah Pendidikan usia dini (PAUD) yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan peserta didik karena disekitar sekolah berbatasan dengan rawa.

BACA JUGA :   Gaji 14 Di Konawe Cair Minggu Depan

Menanggapi usulan dan keluhan masyarakat Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin mengatakan beberapa usulan masyarakat ada yang menjadi kewenangan kabupaten dan ada juga menjadi kewenangan provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Pusat. Misalnya untuk saluran irigasi menjadi kewengan pemerintah provinsi. Namun yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten akan diusahakan untuk dipenuhi apalagi jika hal itu menjadi skala prioritas dan menjadi kebutuhan mendesak masyarakat.

Termasuk kata Politisi PAN ini, ada juga program yang dapat dimasukkan pada anggaran Dana Desa (DD), tinggal disinergikan antara yang dapat dianggarkan di pemerintah daerah (Pemda) dan dana desa. Menurutnya jika jika program telah dimasukan pada di DD tidak perlu lagi dianggarkan oleh pemda Konawe. Sama halnya yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Jadi Pak desa silahkan dimasukkan datanya, sekarang ini tidak bisa kita mengarang harus kita by data harus rill kalau kita ingin selesaikan masalah. dan untuk 47 rumah yang belum miliki KWh tinggal dikonumikasikan, dan di sini kita harus jamin tidak ada lagi saudara-saudara kita yang tidak miliki KWh tinggal kita komunikasikan jangan terlalu lama bagaiaman bisa jadi semua, karena ini menyangkut kemaslahatan” kata Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Sultra ini.

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co