, ,

Ritual Mosehe Warnai Peresmian Puskesmas Motaha

Ketgam : Pelaksanaan ritual mosehe (kaos putih, Bupati Konsel Surunuddin Dangga) sebelum peresmian Puskesmas Kecamatan Motaha dan beberapa baungan lainnya.
Ketgam : Pelaksanaan ritual mosehe (kaos putih, Bupati Konsel Surunuddin Dangga) sebelum peresmian Puskesmas Kecamatan Motaha dan beberapa baungan lainnya.

KALOSARA NEWS : Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga resmikan gedung Puskesmas dan Kantor Desa Motaha, Gedung Perpustakaan SMPN 53 dan Pembangunan Ruang Perpustakaan SMPN SATAP 4 Konsel di Kecamatan Angata, Jum’at (8/2/2019). Kedatangan Bupati bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK Hj. Nurlin Surunuddin,  Ketua DWP Hj. Ariyati Sjarif dan para pimpinan OPD juga dirangkaikan dengan  ritual Mosehe (Suku Tolaki) sebagai upaya permintaan perlindungan pada pencipta agar terhindar dari bala dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel Surununddin menyampaikan bahwa pembangunan gedung yang hari ini diresmikan dan kita saksikan bersama merupakan hasil perjuangan dan diskusi yang mendalam antar instansi dan pihak berkepentingan lainnya, karena di lokasi ini berdiri beberapa aset penting yang menjadi permasalahan selama beberapa tahun yang tidak bisa terpecahkan.

Namun, berkat komunikasi dan solusi tepat kepada semua pihak, akhirnya gedung yang sebelumnya berdiri seperti Sekolah dan Balai Desa bersedia di bongkar dan di relokasi serta di ganti dengan gedung baru. Dimana, total anggaran yang saya gelontorkan kurang lebih 6 Milyar untuk pembangunan ke empat gedung ini. Yang secara keseluruhan Tahun 2018 pengalokasian dana pembangunan infrastruktur di Kecamatan Angata sebesar 23 milyar, dan 2019 akan di tambah lagi.

Olehnya itu, ucap Surunuddin, atas nama pribadi dan Pemda, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga hari ini bisa kita rasakan mamfaatnya demi kepentingan masyarakat luas.

Dikesempatan itu juga, Surunuddin meminta kepada semua pihak, baik instansi OPD, Camat dan Desa agar terpadu dalam membuat konsep perencanaan dan melaksanakan program kerjanya, agar Desa Maju Konsel Hebat dapat tercapai sesegera mungkin. Salah satunya pengentasan kemiskinan dan menghilangkan Rumah Layak Tidak Huni dengan target 2020 kelar.

BACA JUGA :   Investasi Asing Meniadakan Kesejahteraan

Untuk sarana dan prasarana Puskesmas Motaha yang baru, tambahnya, akan terus kita tingkatkan baik tenaga dokter maupun alat kesehatannya, yang juga dalam rangka menaikkan kelasnya menjadi BLUD kedepan. Termasuk telah kita anggarkan untuk pengaspalan sekitar puskesmas Tahun ini juga, dan jalan masuk ke SMA.

Sedangkan, Camat Angata, Abdul Kayom, juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati, atas perhatian lebih terhadap wilayah ini dengan membangun infrastruktur dengan menelan anggaran hingga milyaran rupiah.

Kayom juga mengatakan, untuk mendukung terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat, langkah awal dirinya telah berkoordinasi dengan para Kades agar menjaga kebersihan wilayah, apalagi Angata gerbang masuk masyarakat Kab Kolaka, Kolut dan Konawe ketika menuju bandara. Yang harus menjaga citra dan tampilan daerah yang terlihat bersih dan lingkungan yang asri.

 

 Ketgam : Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat menandatangani prasti bangunan Puskesmas Motaha
Ketgam : Bupati Konsel Surunuddin Dangga saat menandatangani prasti bangunan Puskesmas Motaha.

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co