, ,

SDA Diobral, Siapa yang Diuntungkan?

Kunthi Mandasari
Kunthi Mandasari

Oleh: Kunthi Mandasari

Pejabat merupakan kepanjangan tangan rakyat. Namun apa jadinya jika mereka berkhianat? Menurut wakil ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK), Laode M. Syarief, yang menyoroti banyaknya korupsi di sektor SDA. “Banyak sekali SDA di Indonesia dijual murah oleh pejabat. Dan ingat, yang ditangkap itu hanya sebagai kecil dan sebagian besar belum tertangkap.” Ungkapnya lagi, “Lebih dari 20 pejabat diproses KPK terkait sektor kehutanan, ada beberapa kasus yang kerugian negaranya mencapai RP 1,2 triliun,” (okezone.com, 25/01/2019).

Bukan rahasia lagi jika negeri ini menderita karena korupsi. Bisa dibayangkan berapa pundi-pundi rupiah yang mereka kantongi. SDA tersebut mereka jual secara murah meriah kepada swasta dan asing. Tanpa berpikir panjang bahwa SDA bisa dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan rakyat Indonesia. Para pejabat justru sibuk menjadi makelar untuk mendapatkan keuntungan. Karena asas yang digunakan adalah manfaat semata.

Liberalisasi di berbagai sektor SDA melalui UU Minerba, pada akhirnya mempermudah asing untuk mengeruk kekayaan alam. Mulai dari hulu hingga ke hilirnya. Sekulerisme yang diterapkan di negeri ini membentuk pribadi individualis. Memperturutkan ketamakan untuk meraup kekayaan.

BACA JUGA :   Virus Hoax Menghantui Negeri. Apa Solusinya?

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co