Seharusnya, Capres dan Cawapres Dapat Tantangan Menerapkan Isi Al-Qur’an, Tidak Sekedar Lomba Membacanya!

 

Oleh : Novida Balqis Fitria Alfiani

Adaada saja tingkah menggelitik masyarakat hari ini. Menjelang pemilu adapihak yang ingin mengadakan tes baca Al-Qur’an bagi Capres-Cawapres 2019 mendatang. Seperti yang dilansir dari tribunnews.com (30/12/2018), ikatan Dai Aceh mengundang 2 calon Capres-Cawapres RI untuk uji kemampuan baca Al-Qur’an. Salah satu alasannya adalah kedua kandidat Capres-Cawapres beragama Islam. Sehingga penting bagi umat Islam untuk mengetahui kualitas calon presidennya.

“Tes baca Al-Qur’an bagi seorang calon pemimpin yang beragama Islam sangatlah wajar dan sangat demokratis. Justru publik makin tahu kualitas calonnya,” ujar Ridlwan Habib peneliti radikalisme dan gerakan Islam di Jakarta. (tribunnews.com, 30/12/2018).

Dari pernyataan Ridlwan Habib tentunya kita akan bertanya-tanya. Apa kaitan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kualitas calon presiden? Apakah kemampuan membaca Al-Qur’an akan mempengaruhi kualitas para calon Capres dan Cawapres dalam memimpin negeri ini? Terdengar aneh.

Jika kemampuan membaca Al-Qur’an akan menjadi jaminan kualitas  para calon ketika memimpin akan menjadi baik, lantas apakah jujur, adil, berwibawa, tepat dalam membuat kebijakan untuk rakyat berasal hanya dari bacaan Al-Qur’an yang bagus dan baik? Tentu bukan.

Karena sebagai muslim, sudahseharusnya kita mampu membaca Al-Qur’an. Akan tetapi tidak semua orang yang membaca Al-Qur’an secara otomatis menjadi adil, jujur, wibawa, dan mampu menerapkan isi Al-Qur’an. Walaupun kita juga harus membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, tetapi kita juga wajib menerapkan isi Al-Qur’an secara keseluruhan. Sebagaimana firman Allah SWT :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah: 208)

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co