Sejumlah Ibu-ibu Desa Wonuahoa Ikut Pembersihan Jalan Usaha Tani dengan Metode PKTD

Kepala Desa Wonuahoa Marwan, SE bersama warga sebum melakukan pembersihan
Kepala Desa Wonuahoa Marwan, SE bersama warga sebum melakukan pembersihan

KALOSARA NEWS – Pemerintah Desa (Pemdes) Wonuahoa Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai merealisasikan Anggaran Dana Desa tahun 2021 tahap dua.

Salah satunya dengan program metode kerja Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Dalam pemeliharaan jalan usaha tani sepajang dua kilo. Sejumlah ibu ibu warga Desa Wonuahoa juga ikut terlibat dalam pembersihan badan jalan, penghamparan dan pembuatan got.

 

Ketgam : Warga Desa Wonuahoa saat membersikan badan jalan di dusun tiga
Ketgam : Warga Desa Wonuahoa saat membersikan badan jalan di dusun tiga

Kepala Desa Wonuahoa Marwan, SE menuturkan untuk perawatan jalan usaha tani dengan metode PKTD ini yang dibersihkan panjang dua kilo, yang timbun satu kilo sedangkan pembuatan got juga satu kilo para pekerja ini akan mendapat honor sebesar Rp100 ribu perhari.

“semua warga yang terlibat 90 orang, bahkan para ibu-ibu juga kami ikutkan, karena mereka menawarkan untuk pembersihan, kalau untuk waktu pengerjaan kami belum tau. Bisa cepat bisa juga lambat tergantung cuaca. Apalagi ini musim hujan ” kata Marwan. Minggu, 15/08/2021.

Kata Marwan, jalan usaha tani ini terletak di dusun tiga di di desa. Bahkan jumlah penduduknya pun paling sedikit dibanding dari dua dusun. Tepi karena pertimbangan akses ekonomi olehnya kami lakukan perawatan.

“90 orang melibatkan pria dan wanita. Para ibu ini meminta untuk ikut kerja metode PKTD. Sebenarnya kalau untuk Jumlah KK paling sedikit, hanya memang dusun ini sumber penghasilan masyarakat di desa setempat,” katanya di lokasi PKTD.

Ditambahkannya, para petani mayoritas menanam merica, sawit dan tanaman jangka panjang seperti kayu jati

“kalau untuk metode PKTD nya masuk kerja jam delapan sedangkan jam pulang jam dua belas. Lalu masuk lagi pulang sore jam empat” jelas Marwan.

Marwan menuturkan di dusun tiga juga ini merupakan akses menuju letak sumber PDAM untuk wilayah Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Puriala, Uepai dan lambuya

BACA JUGA :   Peringati Hari Juang Kartika TNI AD, Kodim 1417 Kendari Gelar Donor Darah

“dulu ini adalah jalan yang dibangun melalui dana PNPM, waktu pertama akan membuka warga menolak, namun setelah sudah bisa dilalui para warga baru sadar ternyata ini penting sebagai akses ke kebun ” tutupnya. (Red/Rand)

 


 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co