Selama Sembilan Hari, Satlantas Konsel Tilang 289 Pengendara

Ketgam : Kasat Lantas Polres Konsel, Iptu Izak SH/ foto Rj

KALOSARA NEWS : Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konawe Selatan (Konsel) , Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) menggelar operasi Zebra selama 12 hari sejak tanggal 30 Oktober Hingga 12 Nopember 2018. Hari ke sembilan operasi secara nasional itu, Satlantas yang dipimpin Iptu Izak SH telah menilang sebanyak 289 pengendara.

Perwira dua balak dipundaknya ini menjelaskan, para pengendara yang mendapat tindakan tilang ini umumnya melakukan pelanggaran tidak memakai helm untuk roda dua atau sepeda motor. Sedangkan pengendara mobil tidak memakai sefaty belt atau sabuk pengaman.

“Sisahnya tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraannya. Seperti SIM dan STNK,” jelasnya Kamis, 7/11/2018 kemarin.

Menurut Izak banyaknya pelanggar ini dikarenakan masih rendahnya kesadaran pengemudi untuk menggunakan helm. Sedangkan untuk pengendara roda empat atau mobil tingkat kesadaran dalam menggunakan sabuk pengaman untuk keselamatan dalam berkendara juga masih rendah.

Ia berharap di gelarnya operasi zebra ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas, sehingga dengan terciptanya budaya tertib berlalu lintas, maka masyarakat pengguna jalan akan terhindar dari kecelakan lalu lintas.

“Jajaran Satlantas Polres Konsel selama 9 hari melaksanakan operasi zebra sudah menindak 289 pengendara, sejak dimulainya operasi zebra Tanggal 30 Oktober hingga hari ini 7 November 2018,” tutup Iptu Izak.

BACA JUGA :   RTRW Kolaka Timur Telah Disetujui Oleh Kementrian ATR/BPN