, , , , , , ,

Siapkan Tenaga Terlatih, DP3A Konsel Pelatihan Penyusunan PPRG

Ketgam : foto bersama peserta pelatihan Penyusunan PPRG bersama Sekda Konsel Syarif Sajang
Ketgam : foto bersama peserta pelatihan Penyusunan PPRG bersama Sekda Konsel Syarif Sajang

KALOSARA NEWS : Dukung komitmen Pemerintah Daerah. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar kegiatan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Kegiatan ini dilaksnakan disalah satu hotel di Kota Kendari. Kamis, (7/2/2019) serta diikuti para kepala Sub Bagian (Kasubag) perencanaan dari masing-masing perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda setempat.

Sekretaris Daerah Konsel Syarif Sajang secara resmi membuka pelatihan tersebut. Dalam sambutannya ia menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen pemirintah Konsel dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Dikatakannya, pengarusutamaan gender dalam pembangunan pada dasarnya sudah dimulai sejak intruksi presiden No 9 tahun 2000 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam rencana pembangunan jangka menengah tahun 2010-2014.

“PUG merupakan salah satu arus utama yang harus dilaksanakan dalam pembangunan disamping  pengarusutamaan pembangunan yang berkelanjutan dan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih,”  kata sekda dalam sambutannya.

Ia berharap agar aparat perencanaan disetiap unit kerja dapat memahami konsep dasar atau pengertian gender. Bahkan tentang isu prioritas daerah, terutama dalam menyusun gender analisa-patah (GAP). Gender Budget Statement (GBS) serta instrument monev dan pelapor perencanaan penganggaran responsive gender.

Sementara itu, Kepala DP3A Konsel Yuliana menuturkan, gelaran kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menyiapkan tenaga terlatih dalam menyusun PPRG sesuai dengan ketentuan dan prioritas pembangunan khususnya dilingkungan pemerintah daerah.

“Adanya pelatihan diharapkan para perwakilan dapat menjadi tenaga terlatih dalam penyusunan PPRG kedepan,” ungkap Yuliana yang di dampingi Hamid selaku Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Keluarga, Data, dan Informasi.

BACA JUGA :   Astra Konsel Buka Posko Pengalangan Dana Bagi Bencana Banjir di SulSelBar

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co