Stok Buku di Perpusda Konawe Kadaluarsa

KONAWE – kalosaranews.com , –  Stok kebutuhan buku di Badan Kearsipan Kabupaten Konawe minim. Hal itu dikatakan Kepala Badan Perpustakaan Daerah Konawe, H Alisa saat ditemui di ruang kerjan, kemarin.

“Buku-buku yang ada di arsip kita sekarang ini minim. Bahkan yang ada sudah pada kusam dan tidak up date lagi untuk kebutuhan pembaca sekarang ini,”katanya.

Seharusnya, kata dia, stok buku di badan perpustakaan ini harus memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Karena perpustakaan mengakomodir seluruh subsidi buku di sekolah di lingkup kabupaten konawe, termasuk beberapa perguruan tinggi yang ada seperti Unilaki, Akper dan Kebidanan.

“Termasuk di taman baca perpustakaan daerah saat ini minim buku terbaru. Dan sering dikeluhkan oleh pengunjung,”turturunya.

Ia mengakatan, minimnya persediaan buku karena kurangnya dukungan dari APBD untuk mengalokasikan pengadaan buku-buku terbaru. “Hampir beberapa tahun anggaran ini tidak ada pengadaan buku terbaru,”tuturnya.

Dikatakan, di tahun anggaran 2016 ini saja, lanjut dia,  alokasi anggaran untuk pengadaan buku Rp. 20 juta. Sementara nilai tersebut dipastikannya tidak akan memenuhi kebutuhan buku masyarakat di Kabupaten Konawe.

“Kita ini menangani subsidi buku bukan saja tingkat kecamatan tapi skala kabupaten,”tandasnya.

Menurutnya, jika alokasi pengadaan buku ini terus menerus kurang menjadi perhatian. Maka program pemerintah untuk menumbuhkan minat baca masyarakat tidak akan mencapai hasil yang baik.
Olehnya perlu dukungan dari birokrasi.

Ia mengaku, saat ini pihaknya masih terus melakukan sosialisasi ke desa/kelurahan dan kecamatan. Dengan mengaktifkan pepustakaan keliling.

Ditanya soal perpustakaan desa, ia mengatakan, hingga saat ini program tersebut masih berjalan hanya kendalanya sama karena stok buku dan prasananya,seperti lemari buku yang minim. Sehingga kurang aktif terkelola.
“Banyak desa-desa yang menguslkan perpustakaan desa, tapi belum dapat kita akamodir lantaran subsidi buku beserta fasilitas lainnya yang belum bisa kita penuhi,”tuturnya.

Penulis: MUH. RANDA

Editor: Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang