Ragam  

Surplus Jagung, Pemerintah Koltim Rencana Kirim Jagung Ke Surabaya


Reporter : Utha | Editor : Rj | Publizher : Iksan


KALOSARA NEWS   Hasil produksi jangung pipil petani Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami surplus tahun ini. Hal ini berkat bantuan benih dari pemerintah daerah yang di barengi dengan pendampingan penyuluh pertanian ke petani jangung.

Kehadiran pemerintah daerah ini pun tidak berhenti sampai hasil produksi petani. Demi kelancaran produksi tiap tahunnya, pemerintah daerah setempat melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan pembeli jagung pipil asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Dan Jika tidak ada aral, Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) akan lakukan pengiriman perdana hasil komoditi petani jagung pipil ke Surabaya, Jawa Timur, selasa 16 Juni 2020, besok. Rencananya, sekitar 200 ton jagung petani akan mulai di kirim ke Surabaya.

” Sekitar 200 Ton dari petani. jagungnya dari beberapa kecamatan antara lain Kecamatan Dangia, Ladongi, Lambandia dan Lalolae,” Tulis Lazky Paemba, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim saat di hubungi via Whatsapp, senin 15 Juni 2020.

Terkait harga jual, perkilo jagung dengan kadar air 14 persen berkisar di harga 3,150 perkilo mengikuti harga standar pemerintah.

” Dengan momentum ini kedepannya bisa di tingkatkan lagi volume pengiriman dan jumlah yang di kirim. Ini juga merupakan solusi yang selama ini di hadapi oleh petani kita pada saat panen raya tidak ada pembeli yang membeli produk petani khususnya jagung. Maka dari itu pemerintah hadir membawa perusahaan yang siap membeli hasil petani kita di kolaka timur demi menuju petani sejahtera.” Harap Lazky Paemba.

error: Hak Cipta dalam Undang-undang