Sutradarai Film Molulo, Irham : Film ItuTerinspirasi dari Kabupaten Konawe

KABUPATEN KOLAKA TIMUR – KALOSARA NEWS. COM : Film Molulo yang di Sutradarai oleh Irham Acho Bahtiar dari rumah semut film dan Partono Wiraputra serta DCU production bakal diputar secara serentak di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 2 November 2017.

Sutradara Film Molulo Irham Aco Bahtiar menuturkan, film molulo ini di angkat dari kisah nyata kehidupan pribadinya dengan menampilkan bintang film ternama. “Film molulo ini bercerita tentang seorang pemuda Bugis Makassar yang menolak untuk dijodohkan oleh kedua orang tuanya, kemudian memilih kabur hingga ke Palu dan Kota Kendari. Di Kota Kendari ia bertemu dengan seorang wanita cantik pujaan hatinya. Si pemuda harus berupaya berlatih molulo untuk bisa mendekati gadis itu, karena hanya pada acara molulo lah ia bisa berdiri dekat dengan gadis itu. Molulo yang akhirnya menyatukan mereka”.

Irham Aco Bahtiar menerangkan, Inspirasi film molulo ini datang sejak tahun 2013 waktu itu ia sering bolak balik Jakarta-Kendari menghadiri pesta pernikahan keluarganya di Kabupaten Konawe.

“Saya sering pulang ke Konawe untuk menghadiri pesta pernikahan keluarga dan melihat tarian molulo ini sudah membudaya hingga anak anak moderen pun bisa melakukannya dan tetap lestari. Saya sendiri mencoba mempraktekkan berkali kali namun tetap sulit meskipun saya sendiri berdarah Tolaki ternyata molulo tidak segampang dilihat begitu saja.

Irham Aco Bahtiar mengatakan Ide untuk membuat film Molulo ini sempat mengendap lama dikarenakan tak ada satupun produser nasional yg berani membiayai cerita lokal seperti ini.

“Saya hampir tidak bisa bikin film molulo ini dikarenakan tidak ada yang satupun produser nasional yang berani membiayai ini ideceritaku. Barulah tahun lalu tepat diawal 2016 ketika ibu saya meninggal dunia dan dimakamkan dikampung kelahirannya Anggaberi.Saya teringat kembali dengan ide untuk memfilmkan kisah bagaimana ayah saya seorang berdarah bugis makassar bisa bertemu dengan ibu saya yang asli Suku Tolaki meski mengalami pertentangan dengan keluarganya di makassar”. Ungkapnya yang diterima oleh wartawan media ini melalui pesan whatsapp

 

BACA JUGA :   Kades Ulaweng Gunakan DD Untuk  Pengerasan Jalan Desa
Ketgam : Irham Acho Bahtiar salah satu Sutradara Film Molulo/Foto Dokumen- Irham

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co