Ragam  

Sutradarai Film Molulo, Irham : Film ItuTerinspirasi dari Kabupaten Konawe

KABUPATEN KOLAKA TIMUR – KALOSARA NEWS. COM : Film Molulo yang di Sutradarai oleh Irham Acho Bahtiar dari rumah semut film dan Partono Wiraputra serta DCU production bakal diputar secara serentak di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 2 November 2017.

Sutradara Film Molulo Irham Aco Bahtiar menuturkan, film molulo ini di angkat dari kisah nyata kehidupan pribadinya dengan menampilkan bintang film ternama. “Film molulo ini bercerita tentang seorang pemuda Bugis Makassar yang menolak untuk dijodohkan oleh kedua orang tuanya, kemudian memilih kabur hingga ke Palu dan Kota Kendari. Di Kota Kendari ia bertemu dengan seorang wanita cantik pujaan hatinya. Si pemuda harus berupaya berlatih molulo untuk bisa mendekati gadis itu, karena hanya pada acara molulo lah ia bisa berdiri dekat dengan gadis itu. Molulo yang akhirnya menyatukan mereka”.

Irham Aco Bahtiar menerangkan, Inspirasi film molulo ini datang sejak tahun 2013 waktu itu ia sering bolak balik Jakarta-Kendari menghadiri pesta pernikahan keluarganya di Kabupaten Konawe.

“Saya sering pulang ke Konawe untuk menghadiri pesta pernikahan keluarga dan melihat tarian molulo ini sudah membudaya hingga anak anak moderen pun bisa melakukannya dan tetap lestari. Saya sendiri mencoba mempraktekkan berkali kali namun tetap sulit meskipun saya sendiri berdarah Tolaki ternyata molulo tidak segampang dilihat begitu saja.

Irham Aco Bahtiar mengatakan Ide untuk membuat film Molulo ini sempat mengendap lama dikarenakan tak ada satupun produser nasional yg berani membiayai cerita lokal seperti ini.

“Saya hampir tidak bisa bikin film molulo ini dikarenakan tidak ada yang satupun produser nasional yang berani membiayai ini ideceritaku. Barulah tahun lalu tepat diawal 2016 ketika ibu saya meninggal dunia dan dimakamkan dikampung kelahirannya Anggaberi.Saya teringat kembali dengan ide untuk memfilmkan kisah bagaimana ayah saya seorang berdarah bugis makassar bisa bertemu dengan ibu saya yang asli Suku Tolaki meski mengalami pertentangan dengan keluarganya di makassar”. Ungkapnya yang diterima oleh wartawan media ini melalui pesan whatsapp

 

Ketgam : Irham Acho Bahtiar salah satu Sutradara Film Molulo/Foto Dokumen- Irham

 

Film ini akhirnya berhasil diwujudkan dengan mengunakan separuh uang pribadi saya sendiri ditambah bantuan dari sahabat saya serta produser dari DCU production di Jakarta yang selalu mensupport karya-karya saya sebelumnya karena Jika kita hanya menunggu uluran tangan dari produser besar mustahil film ini bisa diwujudkan.praktis kami melakukan semua ini secara independen tanpa mengharap bantuan juga dari pemda setempat.

Ia bercerita,Kisah ini kemudian diramu bersama Andi Arsyil yang juga ikut berperan sebagai Tiar (ayah saya) lalu ikut bergabung pula penulis dan sutradara uang panai sahabat saya Halim Gani Safia dan blogger top Kendari Arham Kendari ikut menuliskan ceritanya sehingga makin membuat cerita film ini seru.

Pembuatan film Molulo ini mengambil Lokasi syuting di makassar, Palu dan Kendari. ” lokasi take gambar di tiga provinsi namun paling banyak di Kota Kendari sembari kami ekspose wisatanya seperti dipulau Bokor Kabupaten Konawe dan pulau Labengki Kabupaten Konawe Utara, ” jelasnya 

Dikatakannya, yang terlibat dalam film ini hampir semua kepala krunya (sutradara.Kameramen dll) adalah anak anak berdarah Sulawesi yang sudah punya nama ditingkat Nasional.

“Ketika syuting dimakasar kami melibatkan 30 orang kru anak makasar asli lalu saat dikendari kami juga melibatkan 50 orang anak kendari asli sebagai krunya.” Pungkasnya

Lanjut Irham,  Begitupula dengan pemainnya saya menggandeng bintang- bintang nasional yang terkenal namun punya darah sulawesi seperti andi arsyil rahman, muhadkly acho dan musdalifah. Ada juga anak anak papua dari epen cupen spt dodi mahuze yg ikut meramaikan hingga bintang kendari arham kendari dan ince syahrul anam youtubers kendari.”

“Bahkan pak ketua DPRD provinsi sultra Abdurrrahman Shaleh juga ikut main di film ini. Mungkin kalo dibilang tak ada artis jakarta disini yang ada artis nasional tapi berdarah sulawesi karena ini impian saya sejak lama yg ingi mengkolaborasikan seniman-seniman film dari timur kedalam satu film yang sama yakni kerjasama tim dari timur Makasar,Papua, Kendari.

Terkait dengan Soundtrack film ini  Irham menuturkan, Soundtrack diisi oleh zul vokalis band zivilia yang ngetop dulu dengan aishiterunya. Dia juga putra Kota Kendari dan kami mendaur ulang sebuah lagu lama dari almarhum. Hj.Djanatin Putete berjudul (Molulo).

“Molulo adalah film ke 9 saya, sebelumnya saya sudah membuat film film lokal di Papua tempat saya dilahirkan seperti film melody kota rusa, noble hearts, raja mop dll”.baru ditahun 2015 salah satu karya saya meledak di bioskop yakni film epen cupen the movie hingga diangkat pula ke sinetron serial di global tv. Sejak itulah saya lalu dikontrak beberapa ph besar seperti MD Pictures memproduksi beberapa film besar termasuk yg dimainkan om indro warkop.

Ia berjanji apabila Film molulo ini sukses secara nasional maka ia akan kembali memproduksi film di Kendari. “Jika film molulo sukses secara pasaran saya pasti akan terus membuat film di kendari atau sulawesi itu janji saya ” Janjinya Irham

Irham berharapan agar masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat mengapresiasi dengan baik semua karya anak anak daerahnya karena dengan begitu akan terus muncul karya karya baru yang termotivasi dari sini.

Karena itu ketika Film ini ditayangkan wajib menontonnya dibioskop jangan menunggu di tv atau dvd dengan begitu pembuat film akan mendapatkan modal buat memproduksi film barunya lagi dimana dalam membuat sebuah film skala nasional itu biayanya milyaran.

” Saya juga bercita-cita untuk hadir syuting film dan memproduksi film di kolaka timur karena disana banyak tempat yang sangat indah untuk dijadikan lokasi syuting serta keanekaragaman budaya dan agama yang begitu erat. Tidak menutup kemungkinan untuk syuting di koltim apalagi kebetulan bupatinya pak toni herbiansyah adalah paman saya sendiri dan kami sudah pernah bertemu dan membahasnya,doakan saja semoga secepatnya dapat terwujud, “Harapnya

Lebih Lanjut Irham, film molulo rencana akan launching di Jakarta dan Kota Kendari, bisa ditonton mulai 2 November nanti disemua bioskop terdekat dikota anda, bioskop 21, Cinemaxx, Hollywood semua ada .

Reporter : Irwandar

Editor : Redaksi

error: Hak Cipta dalam Undang-undang